Purbalingga (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Purbalingga Herni Sulasti mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, untuk berperan aktif dalam bela negara.

"Tantangan ke depan makin tidak terduga, bukan hanya menghadapi ancaman fisik, melainkan juga ancaman yang tak kasatmata, yakni pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara," kata Sekda saat peringatan Hari Bela Negara (HBN) Tahun 2023 di Purbalingga, Selasa.

Oleh karena itu, kata dia, setiap elemen masyarakat harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.

Menurut dia, hal itu disebabkan semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, melainkan juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air sehingga ke depannya bisa meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera.

"Setiap tindakan, sekecil apa pun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta pada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkret bela negara," katanya menegaskan.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan bahwa upaya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI merupakan tugas bersama aparat pertahanan dan seluruh elemen masyarakat.

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan selamat Hari Bela Negara yang ke-75 tahun 2023," kata Sekda.

Baca juga: Atlet ditunjuk pimpin upacara peringatan Hari Bela Negara di Solo

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024