Wonosobo (ANTARA) - Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, menggelar ekspo pada 12-13 Desember guna mempermudah siswa mendapatkan informasi pendidikan tinggi.

"Ajang ini juga untuk membantu peserta didik memahami lebih dalam tentang pilihan pendidikan tinggi untuk menuju masa depan yang cerah dan produktif," kata Ketua MGBK Kabupaten Wonosobo Harnowo di Wonosobo, Selasa.

Ia menegaskan tujuan kegiatan itu untuk memudahkan anak didik dalam mengakses informasi dari perguruan tinggi. Minimal, lanjutnya, mereka memiliki referensi terkait perguruan tinggi, sehingga pada saat kuliah tidak bingung, karena sesuai dengan bakat dan minat.

Harnowo mengungkapkan ekspo tersebut menjadi wadah bagi perguruan tinggi untuk memamerkan program, fasilitas, dan peluang pendidikan yang mereka tawarkan kepada para siswa.

"Mereka berbagi wawasan mengenai pemilihan jurusan, proses penerimaan, dan pilihan karier masa depan," katanya.

Ia menyampaikan target kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam membantu siswa membuat keputusan pendidikan yang tepat dan sebagai bentuk komitmen MGBK dalam meningkatkan akses dan pemahaman terhadap pendidikan di tengah masyarakat.

Ketua Panitia MGBK Expo 2023 Ulung Giri Sutikno menambahkan kegiatan yang diselenggarakan ke dua kalinya itu mengangkat tema "Get Your, Best Future” dengan melibatkan 46 peserta dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) serta 5 dunia usaha/dunia industri se-Provinsi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia berharap MGBK Expo bisa menjadi alternatif untuk memberikan gambaran bagi mereka yang akan meneruskan kuliah atau masuk dunia kerja. Pengunjung dapat mengakses informasi langsung, bertanya kepada ahli, dan mengeksplorasi pilihan pendidikan yang sesuai dengan minat dan cita-cita mereka.

 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024