Cilacap (ANTARA) - Binaragawan Indonesia, I Gusti Agung Rai Kusuma Yudha yang akrab disapa Ade Rai mengajak para pekerja di PT Kilang Pertamina Internasional (KPI untuk selalu hidup sehat dan bugar demi menjaga produktifitas kilang. 

Ajakan itu disampaikan Ade Rai saat menjadi bintang tamu dalam penutupan program Sehat, Bugar, Senang (Sebuse) RU IV di Gedung Patra Graha, Cilacap, Sabtu (4/11).
 
Dalam seminar kesehatan bertema Stay Active for your Health itu, kehadiran Ade Rai mendapat sambutan dan antusiasme tinggi dari para pekerja beserta keluarga, dan mitra kerja peserta Sebuse 2023.

Praktisi kebugaran itu kemudian mengingatkan peserta untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan memperhatikan pola makan dan olahraga. 

"Tubuh sehat menjadi aset yang sangat berharga bagi setiap orang, apalagi teman-teman pekerja yang memiliki tugas mulia menyediakan energi terbaik bagi bangsa," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan setidaknya ada lima langkah mudah menjaga pola hidup sehat dan bugar di antaranya berpuasa atau mengatur jendela makan. 

Dengan berpuasa, kata dia, sebanyak 70 persen tidak makan dan 30 persen waktu makan. 

"Namun di luar jam makan bisa minum air putih, kopi atau teh tanpa gula," katanya. 

Selanjutnya, kata dia, mengontrol karbohidrat dengan memilih yang alami seperti ubi, singkong, kentang, sayur dan buah, serta prioritas konsumsi baik untuk pembentukan otot dan efek kenyang lebih lama. 

"Lalu memilih sumber lemak alami serta olahraga pada saat kondisi perut kosong agar lemak yang menjadi tabungan energi terpakai sebagai sumber tenaga," ungkap Ade. 

Sementara dalam laporannya, Manager HSSE RU IV Cilacap Oki Wibisono mengatakan program Sebuse yang berlangsung 6 bulan itu bertujuan meningkatkan kebugaran dan derajat kesehatan pekerja, keluarga dan mitra kerja. 

Menurut dia, Sebuse tahun 2023 terbagi dalam dua kegiatan yang terdiri atas Happy Walking bagi pekerja dan pasangan, serta Program Kebugaran bagi mitra kerja HSSE. 

Baca juga: Pertamina-Kilang Cilacap berkolaborasi wujudkan Sekolah Energi Berdikari di SMA Negeri 3 Cilacap

"Happy Walking dengan berjalan kaki 4,5 kilometer per hari sebanyak 5 kali seminggu selama 6 bulan untuk pekerja dan pasangan. Dari 967 pendaftar, ada 504 pekerja yang mampu mengikuti sampai akhir dan 154 pasangan pekerja," katanya.

Ia mengatakan program kebugaran berikutnya diperuntukkan mitra kerja HSSE dengan berbagai latihan fisik dipandu tim kebugaran dari Jasrem 071 Wijayakusuma. 

"Meskipun Sebuse berakhir, semoga peserta tetap rutin berolahraga untuk meningkatkan massa otot," kata Oki. 

Sementara itu, Senior Manager Operations and Manufacturing (SMOM) RU IV Hermawan Budaintoro meyakini para peserta merasakan banyak manfaat dari olaharaga jalan maupun lari. 

"Karena pada dasarnya, olahraga adalah bentuk kita menghargai diri sendiri. Tidak hanya meningkatkan kebugaran fisik melainkan juga meningkatkan kedisiplinan dan kesehatan mental," katanya.

Ia mengharapkan kebiasaan selama 6 bulan Sebuse selalu diteruskan dan ditingkatkan agar terbentuk keluarga yang sehat jasmani dan rohani serta berdampak positif bagi kelangsungan bisnis perusahaan. 

"Semoga setelah seluruh rangkaian acara ini komitmen peserta tidak memudar," ungkap Hermawan.

Penutupan Sebuse diawali lari 4,5 km dan jalan santai 7 km dari kompleks perumahan Gunung Simping menuju Gedung Patra Graha. Acara dimeriahkan grand prize apresiasi kepatuhan Medical Check Up (MCU) 2023.

Baca juga: 24 atlet Bapor Silat RU IV Cilacap borong medali di Kejurnas Kemenpora RI 2023
Baca juga: Berbagi inspirasi dan antiperundungan, Pertamina Energi Negeri 6.0 kunjungi empat SD di Cilacap
Baca juga: Melihat lebih dekat Green Refinery Kilang Cilacap, peta jalan energi hijau berkelanjutan

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024