Semarang (ANTARA) - Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (Dirjampelkes) BPJS Kesehatan Lily Kresnowati mengunjungi langsung RSUD Gunawan Mangunkuso, Jumat (27/10), guna memastikan pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan baik.

Didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran dan Direktur Utama RSUD Gunawan Mangunkusomo, Lily melihat secara langsung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit kepada pasien yang mayoritas merupakan peserta JKN.

Saat melihat ruang rawat inap di RSUD Gunawan Mangunkusumo, Lily menanyakan secara langsung kepada pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut terkait pelayanan kesehatan yang telah diterima oleh para pasien. Bahkan Lily juga menemui tidak adanya perbedaan ruang rawat inap bagi pasien umum dan pasien JKN.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas komitmen RSUD Gunawan Mangunkusumo dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN yang berobat di rumah sakit ini. Saya sudah melihat pelayanan disini tidak ada diskriminatif antara pasien umum dan pasien yang memanfaatkan program JKN untuk berobat,” ungkap Lily.

Lily juga memastikan terhadap para pasien yang merupakan peserta JKN bahwa di RSUD Gunawan Mangukusumo tidak ada lagi tambahan iur biaya yang dibebankan kepada para peserta. Dan benar saja, dari beberapa pasien yang ditanya secara langsung mengaku bahwa mereka sangat puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh para petugas di RSUD Gunawan Mangunkusumo.

“Saya ikut senang mendengar jawaban dari para pasien yang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh petugas dari RSUD Gunawan Mangunkusumo, hal ini menandakan bahwa RSUD Gunawan Mangunkusumo telah berkomitmen atas janji layanan JKN sebagai fasilitas kesehatan (faskes) yang mendukung penuh transformasi mutu layanan yang mudah, cepat dan setara,” tutur Lily.

Lily juga menambahkan, dengan telah terbuktinya RSUD Gunawan Mangunkusumo sebagai faskes yang berkomitmen dalam menjalankan transformasi mutu layanan JKN, dapat menambah dan memperkuat sinergi  antara RSUD Gunawan Mangunkusumo dengan BPJS Kesehatan Cabang Ungaran dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada peserta JKN.

Sementara itu, Direktur RSUD Gunawan Mangunkusumo, Hasti Wulandari, mengucapkan rasa terima kasihnya atas apresiasi dari BPJS Kesehatan karena sudah terpilih menjadi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang berkomitmen di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Ungaran.

Terkait dengan komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN, Hasti berusaha dengan sebaik mungkin mengajak para petugas rumah sakit untuk saling bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh pasien tanpa adanya diskriminatif.

“Terima kasih atas kunjungan Dirjampelkes BPJS Kesehatan hari ini di rumah sakit kami, dan kami juga ucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan untuk RSUD Gunawan Mangunkusumo. Dengan adanya kedatangan beliau hari ini menambah semangat kami dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berkunjung di rumah sakit kami, baik pasien umum ataupun peserta JKN,” tutur Hasti.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini di RSUD Gunawan Mangunkusumo telah dibuka loket pelayanan informasi BPJS Kesehatan di dekat ruang tunggu pendaftaran, tujuannya adalah untuk memudahkan para peserta JKN yang masih belum memahami tentang program JKN.

“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang mayoritas merupakan peserta JKN. Harapan terbesar kami adalah program JKN dapat terus berjalan dan terkelola dengan baik agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan seluruh masyarakat di Indonesia,” tutup Hasti. ***


Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024