Jepara (ANTARA) - KPU Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, gencar melakukan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat, sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kirab Pemilu 2024 dari berbagai kabupaten/kota dan KPU Jepara juga menjadi persinggahan setelah dikirab dari KPU Kabupaten Grobogan pada Jumat (6/10), merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Jepara Muhammadun di Jepara, Sabtu.

Selain untuk menyosialisasikan pemilu, kata dia, kirab Pemilu 2024 juga untuk mengingatkan kesuksesan penyelenggaraan pemilu membutuhkan partisipasi dan dukungan luas dari berbagai pihak dan masyarakat.

Tahapan berikutnya, kata dia, KPU Jepara akan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ke berbagai segmen masyarakat selama tim kirab di Jepara 7-12 Oktober 2023.

Di antaranya pada 8 Oktober 2023 akan menggelar sosialisasi ke ratusan guru perempuan di Gedung OPD bersama Pemkab Jepara. Hari berikutnya KPU memberikan pendidikan pemilih pemula ke ratusan siswa SMK Negeri 1 Batealit dan sosialisasi pemilu ke masyarakat umum di Pasar Batealit.

Sosialisasi berikutnya, kata dia, menyasar pemilih disabilitas, kemudian sosialisasi ke masyarakat umum di Pantai Semat Kecamatan Tahunan dan Pasar Jepara 2 Kecamatan Jepara.

Pada 11 Oktober 2023, KPU akan menyosialisasikan pemilu ke masyarakat di Pasar Mayong, ke Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) di Kecamatan Kalinyamatan, dan masyarakat di Tugu Ganden di Kecamatan Welahan. Kemudian dilanjutkan pendidikan pemilih pemula ke SMK Negeri 1 Kembang, pendidikan pemilih perempuan di aula Bakesbangpol, serta sosialisasi pemilu ke masyarakat di lereng muria di Desa Tempur, Kecamatan Keling.

"Masyarakat perlu diingatkan bahwa mereka harus memastikan diri sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT). Bagi yang pindah tugas bisa mengurus pindah tempat memilih," ujarnya.

KPU Jepara juga akan menggelar kegiatan tanam pohon mangrove yang akan melibatkan 1.000 orang di Pantai Desa Tanggul Telare, Kecamatan Kedung.

"Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara. Selain pemerintah desa setempat, penanaman mangrove juga akan melibatkan partai politik peserta Pemilu 2024, mahasiswa, dan ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari semua desa dan kelurahan di Jepara, serta Panitia Pemilihan Kecamatan dari 16 kecamatan," ujarnya.

Menurut dia pemilu merupakan sarana untuk memilih para pemimpin. Pemilu dapat menjadi ruang untuk menarasikan berbagai hal demi kemajuan demokrasi, salah satunya tentang penyelamatan lingkungan.

"Titik yang kami tanami nanti adalah salah satu titik pantai yang paling rawan terkena abrasi," ucapnya.

Baca juga: Anggaran Pilkada Kota Surakarta 2024 disetujui Rp28,055 miliar

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024