Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Education Development and Solution Specialists (EDESS) Malaysia menjalin kerja sama internasional yang ditandai dengan penandatanganan memorandum of agreement (MOA) serta diskusi kemitraan. 

Acara tersebut dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Saefurrohman, Ph.D., Kepala Biro Urusan Internasional UMP Condro Nur Alim, Ph.D., CEO EDESS Education Consultant Amine Abdelhedi, dan sejumlah peserta diskusi kemitraan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Saefurrohman, Ph.D. mengatakan kerja sama dengan EDESS akan membantu memperkuat posisi UMP di kancah internasional, sekaligus memfasilitasi mahasiswa UMP untuk menjalani program internship bersama EDESS.

Ia mengharapkan penandatanganan MoA tersebut dapat mendukung upaya internasionalisasi UMP dan menjadikan kampus tersebut dikenal sebagai lembaga pendidikan internasional yang unggul.

Baca juga: Rektor UMP lantik pejabat baru untuk memajukan pendidikan tinggi

Sementara itu, Kepala Biro Urusan Internasional UMP Condro Nur Alim, Ph.D. mengatakan EDESS memiliki berbagai solusi yang dapat membantu UMP dalam mengembangkan diri menjadi universitas internasional.

"Sebagai lembaga yang telah terakreditasi Unggul, UMP memiliki tantangan untuk bertransformasi menjadi universitas internasional," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama dengan EDESS akan mengarah pada pengembangan transformasi digital pendidikan tinggi yang menghasilkan output internasional, termasuk benchmarking skill, smart matching, pengembangan jalur karier, peningkatan kompetensi, dan pengembangan kembali kompetensi. 

Menurut dia, kerja sama tersebut merupakan langkah positif dalam mewujudkan visi UMP sebagai universitas yang dikenal secara internasional melalui kolaborasi dengan mitra internasional seperti EDESS Malaysia. (bii/tgr)

Baca juga: UMP dan San Pablo College Philippines jalin kerja sama internasional
Baca juga: Lima mahasiswa internasional turut diwisuda di UMP

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024