Kudus (ANTARA) -
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah, menargetkan poli eksekutif yang melayani pemeriksaan kesehatan secara privat dengan tarif yang lebih mahal, bisa dioperasikan sebelum Oktober 2023.
 
"Saat ini masih kami persiapkan ruangan untuk poli eksekutifnya," kata Direktur RSUD dr Loekmono Hadi Kudus, Abdul Hakam, di Kudus, Sabtu.
 
Nantinya, kata dia, poli eksekutif akan menempati ruangan lantai dua yang sebelumnya merupakan tempat direktur dan jajaran. Sedangkan untuk ruangan direktur dan jajaran menempati lantai tiga.
 
Ia memastikan poli eksekutif baru bisa dioperasikan sebelum akhir bulan September 2023.
 
Dengan adanya poli eksekutif, kata diam diharapkan bisa menaikkan derajat pelayanan di RSUD Kudus, sekaligus memenuhi keinginan masyarakat kelas eksekutif yang menginginkan pelayanan eksekutif.
 
Apalagi, kata dia, rumah sakit di beberapa daerah sudah menyediakan layanan poli eksekutif, sehingga RSUD Kudus juga perlu melengkapi fasilitas serupa agar pasien umum yang berobat bisa semakin bertambah. Fakta di beberapa rumah sakit yang menyediakan poli eksekutif, kata dia, peminatnya cukup tinggi.
 
Meskipun tarif untuk poli eksekutif lebih mahal dibandingkan poli regular, pihaknya optimistis ada pasiennya karena selama ini sebagian pendapatan RSUD Kudus yang berkisar Rp1,5 miliar juga diperoleh dari pasien umum.
 
Poli eksekutif merupakan poli berbayar bagi pasien umum. Konsepnya, kata dia, akan memberikan layanan one stop service atau pelayanan satu tempat dalam layanan terpadu satu pintu.

Pasien datang punya akses khusus, tinggal duduk, daftar, kasir, periksa di satu tempat, termasuk obat juga diambilkan. Demikian halnya untuk pemeriksaan laboratorium juga tinggal ditunggu saja, katanya. 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024