Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengingatkan para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk selalu menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya.

"Jiwa Paskibraka adalah jiwa Indonesia, perilaku Paskibraka adalah perilaku keteladanan. Semangat Paskibraka adalah semangat solidaritas dan pantang menyerah," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu pada pengukuhan 44 siswa dan siswi SMA dan SMK atau sederajat yang terpilih menjadi Paskibraka HUT ke-78 RI di Kota Magelang pada 2023. Pengukuhan berlangsung di Pendopo Pengabdian, Kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Selasa (15/8), sedangkan mereka akan bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Rindam IV/Diponegoro pada Kamis (17/8). 

Hadir pada acara tersebut, antara lain Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Magelang Larsita, pejabat Forkopimda Kota Magelang, pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Magelang, orang tua anggota Paskibraka, pembina dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Magelang.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Aziz, Wakil Wali Kota Mansyur, dan pejabat Forkopimda Kota Magelang menyematkan lencana Merah Putih Garuda dan memasang kendit Kecakapan Perintis Pemuda kepada anggota Paskibraka yang dikukuhkan.

Setelah pengukuhan ini, katanya, tersemat tanggung jawab para anggota Paskibraka untuk menjadi perintis, teladan bagi lingkungan sekitar dan sesama.
 
Ia mengutip nasihat pahlawan nasional, Cipto Mangunkusumo, yang berbunyi "Hari kemudian dari pada tanah kita dan rakyat kita terletak dalam hari sekarang, hari sekarang itu ialah kamu, hari generasi muda".

"Oleh karenanya, harapan yang tinggi saya titipkan kepada Paskibraka Kota Magelang untuk senantiasa menjadi penggerak dan teladan bagi teman sebaya. Sebab di balik gagah dan indahnya atribut Paskibraka, ada amanah dan tanggung jawab besar yang harus dijaga," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa menjadi Paskibraka suatu kehormatan, sebab kesempatan dan kepercayaan untuk mengemban tugas penting, mulia, dan membanggakan tidak datang kepada semua orang.

"Saya sungguh berharap, anak-anakku Paskibraka Kota Magelang Tahun 2023 dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh. Resapi dan hayati setiap detik yang dijalani, tanamkan dalam benak bahwa setiap tetes keringat akan mengantar kita menuju keberhasilan," katanya.

Kepala Disporapar Kota Magelang Sarwo Imam Santoso mengatakan anggota Paskibraka Kota Magelang 2023 berjumlah 44 siswa terdiri atas 24 putra dan 20 putri.

Dari jumlah tersebut, satu anggota terpilih sebagai Paskibraka tingkat nasional atas nama Yustisie Chelsea Awanda dari SMAN 2 Kota Magelang dan telah menjalani pelatihan di Jakarta sejak 20 Juli 2023.

Sebelum dikukuhkan, katanya, mereka telah menjalani pemusatan latihan pasukan pengibar bendera selama 41 hari, pada 7 Mei 2023-14 Agustus 2023.

Ia menjelaskan tujuan pemusatan latihan tersebut untuk meningkatkan dan mengembangkan kesadaran agar senantiasa mensyukuri kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, mewujudkan kader patriot bangsa, mengembangkan sikap disiplin, memupuk semangat kebangsaan, serta mempersiapkan Tim Pengibar Bendera Pusaka dalam rangka HUT RI pada 17 Agustus 2023. 

 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024