Semarang (ANTARA) - Lunpia Cik Meme kembali menggelar promo lunpia dalam rangka memeriahkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Lunpia Cik Meme yang membuka gerai di Jalan Gajahmada Nomor 107, Kota Semarang menggelar promo bertajuk “Tradisi Budaya Kemerdekaan RI”.
Selama sepekan atau 14-20 Agustus 2023, Lunpia Cik Meme menggelar promo pesta lunpia beli 1 gratis 1 untuk semua varian seperti  Lunpia Original, Lunpia Spesial dan Lunpia Plain.
“Ini merupakan Festival Lunpia Murah Meriah, di samping secara khusus didedikasikan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Disisi lain juga bertujuan agar pada saatnya nanti jajan kuliner budaya anak bangsa akan sanggup untuk menjadi tuan di negaranya sendiri,” kata pemilik Lunpia Cik Meme Meliani Sugiarto atau yang familiar disapa Cik Meme.
Dari kerangka dasar pemikiran dan jangkauan yang seperti itulah maka untuk selanjutnya Pesta Lunpia yang digelar Lunpia Cik Meme akan didedikasikan sebagai agenda tahunan dalam bentuk Tradisi Budaya Kemerdekaan (TBK) seperti halnya Tradisi Budaya Ramadhan(TBR) dan setiap kalender HUT Kota Semarang.
Cik Meme sengaja terus memerjuangkan eksistensi lunpia Semarang sesuai realitasnya terhitung sejak dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 270/P/2014 tanggal 8 Oktober 2014 telah menetapkan Lunpia Semarang sebagai Warisan Budaya Nasional Tak Benda.
“Serta dalam kesejarahannya juga telah menjadi bagian dari supremasi ikon dan identitas kuliner Kota Semarang akan senantiasa dapat diminati dan dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat warga bangsaku,” ujarnya.
Lunpia Cik Meme dipandang sudah menjadi ikon kuliner Kota Semarang, sekaligus pelopor lunpia bersertifikat halal dan hal itu artinya semua produknya telah mendapatkan sertifikasi halal.
Sejarah Lunpia Cik Meme dipelopori oleh engkong buyutnya yaitu pasangan suami Istri Tjoa Thay Joe dan Mbok Wasie (1870).
Pasangan ini bertempat tinggal di perkampungan Brondongan Semarang Timur dan kampung itu pula menjadi asal Cik Meme.
Dirinya kemudian dibimbing dan dibesarkan oleh kedua orang tuanya yaitu Maestro Chef Lunpia Tan Yok Tjay dan So Tan Hwa yang merupakan generasi ke-2 Lunpia Mataram dan Generasi ke-4 Lunpia Semarang.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024