Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (KKN3T) dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Sorong (yang sebelumnya dikenal dengan Universitas Al Amin/Unamin) telah diserahkan di Pulau Raam dan Pulau Soop, Selasa (1/8).

Saat penyerahan mahasiswa, Koordinator Lapangan KKN3T UMP Chumaedi Sugihandarji menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kelurahan Raam maupun Pulau Soop yang menerima mahasiswa KKN dengan baik. 

Ia mengharapkan dorongan dan bantuan dari lurah untuk membina dan mengarahkan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang diperoleh di kampusnya kepada dunia nyata, yaitu masyarakat Pulau Raam dan Pulau Soop. 

Sementara Koordinator Tim KKN3T Unamin Dr Rahmat mengatakan mahasiswa yang melaksanakan KKN3T berjumlah 92 orang. 

Ia mengharapkan mahasiswa peserta KKN3T yang terbagi di dua pulau mampu beradaptasi dengan baik dalam segala hal.

Baca juga: FTS UMP gelar The 4th InCEAS dan Senatek 2023, hadirkan narasumber dari berbagai negara

Lurah Pulau Raam Joice Y Mayor SIP mengatakan kegiatan KKN3T merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama digelar pada tahun 2007.

Ia mengharapkan agar mahasiswa dapat melakukan kegiatan KKN3T kolaborasi tersebut dengan tujuan utama untuk pengabdian. 

Selain itu, dia juga mengharapkan agar mahasiswa dapat memahami jika penerangan listrik hanya berlangsung pada pukul 18.00 WIT sampai 06.00 WIT, sehingga kegiatan yang akan dilakukan perlu menyesuaikan.

Sementara Lurah Pulau Soop yang diwakili oleh Sekretaris Kelurahan Abdul Hadat mengatakan kegiatan KKN3T tersebut merupakan kepercayaan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada Kelurahan Soop. 

Ia pun berpesan agar mahasiswa bisa menjaga nama baik almamater dan diharapkan bisa membaur dengan masyarakat, sehingga semua program bisa berjalan dengan baik. 

Menurut dia, pihak kelurahan akan membantu pelaksanaan kegiatan KKN3T di Pulau Soop.

Penyerahan mahasiswa KKN3T tersebut juga dihadiri Kepala Sekolah Dasar Negeri 023 Barce Yapen SPd.

Baca juga: Tim Pengembang Kampung UMP-PKK Ormawa DPM Farmasi gelar penyuluhan parenting
Baca juga: Ini hasil Rakernas MPM PP Muhammadiyah di UM Purwokerto

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024