Semarang (ANTARA) - Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo bekerja sama dengan Bank Indonesia Jawa Tengah menggelar "Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Program Self Declare Tahun 2023" pada 18 Juli 2023.

Kegiatan di Hotel Pandanaran Semarang ini merupakan awal dari rangkaian roadshow yang akan digelar di enam kota di Jawa Tengah.

Sebanyak 100 pelaku usaha UMKM dan 10 pendamping proses produk halal (P3H) WHC UIN Walisongo menjadi peserta kegiatan tersebut.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan adalah Mega Nazareta, Asisten Direktur Fungsi Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Ekonomi Islam BI Jateng serta Direktur WHC, Malikhatul Hidayah.

Dalam sambutannya, Malikhatul Hidayah, selaku Direktur WHC menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Jawa Tengah yang secara kontinyu bekerja sama sehingga pelatihan dan pendampingan ini terlaksana.

“Kegiatan kerja sama sertifikasi halal dengan Bank Indonesia Jawa Tengah bukan pertama kali. Tahun kemarin Bank Indonesia juga membantu Pelatihan Pendamping Produk Halal (P3H) WHC. Semoga sinergi ini selalu terjalin sehingga semakin banyak usaha memiliki  sertifikasi halal di Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya.”

Mega Nazareta, Asisten Direktur Fungsi Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif, dan Ekonomi Islam Bank Indonesia Jawa Tengah menjelaskan bahwa Bank Indonesia mendukung penuh percepatan sertifikasi halal di Jawa Tengah.

Sertifikasi halal juga membantu para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah untuk memiliki nilai tambah produknya.

Hal ini akan meningkatkan daya saing produk UMKM, tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional.

“Program pelatihan dan pendampingan ini membantu para UMKM untuk memiliki sertifikasi halal. UMKM yang sudah bersertifikasi halal memiliki kesempatan untuk diterima tidak hanya di pasar nasional tapi pasar internasional juga," papar Mega Nazareta.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Produk UMKM Program Self Declare ini akan membantu para pelaku UMKM untuk submit dan mendapatkan sertifikat halal.

Di tempat acara, para pelaku usaha langsung membawa contoh produk yang akan didaftarkan sertifikat halal, kemudian dibantu para P3H untuk submit ke pengajuan sertifikasi halal di website ptsp.halal.go.id. 

Tercatat 100 peserta lebih hadir dan tampak antusias dalam kegiatan tersebut. Dian Rahmawati, pelaku usaha yang hadir dalam kegiatan tersebut, mengucapkan terima kasih atas kegiatan tersebut.

“Pelatihan dan pendampingan sertifikasi halal ini sangat membantu saya dalam proses mendapatkan sertifikat halal produk keripik saya. Semoga dengan adanya logo halal pada produk saya dapat meningkatkan penjualan serta memberikan keyakinan pada konsumen saya bahwa produk saya halal," ujar Dian Rahmawati. ***

 

Pewarta : ksm
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024