Purwokerto (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil borong medali emas dalam Kejuaraan Indonesia BigFest Taekwondo Challenge Tingkat Nasional 2023. 

Dalam kejuaraan yang digelar di GOR Indoors Sport Center Stadion Bonang, Tangerang, Banten, 14-16 Juli, UKM Taekwondo UMP berhasil mendapatkan 5 medali emas dan 1 medali perak.  

Pelatih UKM Taekwondo UMP Sabem Pungky mengatakan perguruan tinggi Muhammadiyah itu mengirim enam atlet yang didampingi dua pelatih.

Dari enam atlet itu, kata dia, lima di antaranya meraih medali emas, yakni Idhar Alfauzi (Kyorugi Senior Putra U-54 Kilogram), Ahmad Fauzi (Kyorugi Senior Putra U-68 Kg), M. Abdillah Novaliando (Kyorugi Senior Putra U-54 Kg), Rahma Dhiyas (Kyorugi Senior Putri U-53 Kg), dan Fani Alrosa (Kyorugi Senior Putri U-49 Kg). 

Menurut dia,peraih medali perak adalah Sofyan Agung Pratama yang turun di Kyorugi Senior Putra U-74 Kg. 

"Atlet taekwondo UMP sudah disiapkan untuk menjadi atlet berprestasi dengan melakukan beberapa latihan ketat dengan kurikulum latihan yang terus diperbaiki," katanya.

Baca juga: Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi UMP gelar konferensi internasional

Lebih lanjut, ia mengatakan UKM Taekwondo UMP terdiri atas dua kelas program pelatihan berupa kelas reguler dan pembinaan prestasi atlet. 

Dalam kelas pembinaan prestasi, kata dia, atlet mengikuti latihan bersama dengan pembinaan atlet Taekwondo Kabupaten Banyumas. 

"Beberapa atlet dari mahasiswa UMP berhasil meloloskan tiket dan mewakili ajang Porprov 2023. Mereka terdiri atas Ariq Alfatih Ageng Rahmatullah dari Prodi Ilmu Hukum dan Sagita Fitrianisa Nila Fauziyah dari Prodi Teknik Informatika yang mewakili Kabupaten Banyumas, Fawwaza Zama Rizqullah dari Prodi Pendidikan Agama Islam yang mewakili Kabupaten Blora, dan Egidia Putri dari Prodi PGSD yang mewakili Kabupaten Cilacap," jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan AIK Assoc. Prof. Akhmad Darmawan, S.E., M.Si., Ph.D. mengatakan UMP terus melakukan pembinaan kepada seluruh atlet termasuk atlet taekwondo dengan sistem pembinaan yang baik dan selalu melakukan evaluasi untuk pencapaian prestasi. 

"Terima kasih kepada Rektor UMP Assoc. Prof. Jebul Suroso yang terus memberikan arahan motivasi dan dukungan pada bidang kemahasiswaan umumnya dan takwondo khususnya. Terima kasih juga disampaikan pada pembina dan pelatih taekwondo UMP yang sangat gigih melatih dan membina mereka, Kepala biro kemahasiswaan dan alumni Bapak Efi Miftah Faridi, M.Pd., dan semua pihak civitas academica UMP yang selalu dan tidak henti-hentinya mendoakan atlet-atlet taekwondo," ungkapnya. 

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada semua atlet yang terus berjuang menghasilkan prestasi nasional yang luar biasa itu. 

"UMP senantiasa menghargai setiap perjuangan mahasiswanya yang berprestasi berupa reward uang tunai, dan beasiswa. UMP mengajak semua atlet taekwondo yang belum bergabung dengan UMP kami mengundang untuk segera bergabung lewat jalur beasiswa berprestasi, dengan beasiswa 8 semester gratis seluruh biaya,” kata WR III. (*/tgr)

Baca juga: Bupati Banyumas dukung penuh PPK Ormawa UMP
Baca juga: HMTK UMP luncurkan Program Puspa Inspiratif di Banjarnegara
Baca juga: Dosen UMP lolos sebagai penerima program kemitraan dosen LPTK

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024