Purwokerto (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, hingga saat ini telah mencetak 43.932 alumni dari berbagai program studi (prodi) seperti profesi dokter, bidan, ners, sarjana, diploma, hingga magister.

Jumlah alumni tersebut termasuk 234 lulusan yang mengikuti Wisuda Ke-71 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya di Auditorium Ukhuwah Islamiyah, Kampus I UMP, Sabtu (10/6). 

Dalam laporannya, Wakil Rektor I UMP Bidang Akademik dan Kerjasama Ir Aman Suyadi MP mengatakan wisuda kali ini merupakan prosesi pelepasan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Ke-71 yang merupakan Wisuda Ke-58 setelah alih bentuk dari IKIP Muhammadiyah Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tahun 1995. 

"Kami laporkan jumlah mahasiswa yang berhasil lulus dan di wisuda ke-71 ini sebanyak 234 orang. Terdiri atas Program Magister (S-2) sebanyak 11 orang, Program Sarjana (S-1) sebanyak 218 orang, Program Diploma Empat (D-4) sebanyak 4 orang, dan Program Diploma Tiga (D-3) sebanyak 1 orang," jelasnya.

Ia mengatakan, jumlah Magister, Sarjana, Diploma, dan Profesi yang telah dihasilkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto sampai dengan saat ini sebanyak 43.932 alumni. 

"Dengan rincian sebagai berikut Magister 735, Sarjana 32.406, Diploma Empat 235, Diploma Tiga 3.338, Diploma Dua 1.553, Akta Mengajar 1.332, Profesi Apoteker 2.708, Profesi Ners 1.420, Profesi Bidan 15, dan Profesi Dokter 190," katanya. 

Baca juga: UMP-Bank Jateng Syariah gelar Festival Balon Udara di Banyumas

Sementara itu, Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso mengatakan wisuda merupakan momentum yang sangat berharga dan istimewa. 

Oleh karena itu, kata dia, para orang tua/wali mahasiswa telah berhasil menyampaikan tugas mulia dan semoga ilmu yang didapatkan menjadi ilmu yang bermanfaat. 

"UMP saat ini memiliki 11 fakultas dan 49 program studi yang sebagian besar di antaranya telah terakreditasi unggul, baik, dan sekali. Mahasiswa kami ada 15.700. Mereka dari Jawa Tengah dari Indonesia, dan seluruh kepulauan Indonesia bahkan dari luar negeri," jelasnya.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan UMP berdasarkan perangkingan pada tahun 2023 menempati posisi lima perguruan tinggi terbaik Muhammadiyah-'Aisyiyah dari 171 perguruan tinggi Indonesia. 

"Dan kita adalah perguruan tinggi swasta terbaik 20 di level ASEAN," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati karena wisuda tersebut merupakan momentum bahagia, sebagai capaian dari capaian-capaian gemilang dicapai hari ini.

"Jadikan momentum wisuda ini sebagai sarana kita dan waktu kita untuk banyak bersyukur kepada Allah SWT. Karena setinggi apa pun kita nantinya, kesuksesan seperti apapun yang kita raih itu adalah semata-mata karena rida dan karunia dari Allah SWT. Keberhasilan kalian adalah keberhasilan orang tua. Ada keringat ada air mata, sampai berdarah-darah yang dilakukan oleh orang tua wali kalian," katanya.(tgr)

Baca juga: Muhammadiyah: Bangsa Indonesia harus kerja keras tingkatkan pendidikan
Baca juga: Ketum PP Muhammadiyah bakal lantik Jebul Suroso sebagai Rektor UMP

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024