Purwokerto (ANTARA) - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. dijadwalkan akan melantik Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) masa jabatan 2023-2027 pada hari Kamis (8/6).

Jebul Suroso akan dilantik menjadi Rektor UMP untuk kali keduanya setelah PP Muhammadiyah menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan Rektor UMP 2023-2027 melalui Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah pada hari Sabtu (27/5). 

Dalam hal ini, SK tersebut diserahkan diserahkan oleh Wakil Bendahara I Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. H. Mahfud Sholihin, Ph.D., Ak., CA., CPA (Aust)  kepada Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMP Prof. Dr. H. Chairil Anwar. 

SK PP Muhammadiyah Nomor 352/KEP/I.0/D/2023 itu memutuskan, menetapkan, mengangkat Assoc Prof Dr Jebul Suroso sebagai Rektor UMP masa jabatan 2023-2027. Keputusan PP Muhammadiyah itu mulai berlaku pada tanggal 1 Juni 2023 sampai dengan tanggal 30 Juni 2027.

Kepala Biro Humas dan Promosi UMP Irfan Fatkhurohman, M.Pd, mengatakan pelantikan Rektor UMP pada hari Kamis (8/6) akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah.

Baca juga: Ada gratis pendaftaran kuliah di Festival Balon Udara UMP

"Insyaallah besok akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. yang juga akan meresmikan Gedung SD dan TK Aisiyah Bustanul Athfal UMP," jelasnya.


Profil Assoc Prof Dr Jebul Suroso 

Pemilik nama lengkap Jebul Suroso ini lahir di Banjarnegara, 5 Maret 1977, dan merupakan lulusan D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UMP serta mengawali karier sebagai dosen. 

Sebelumnya, dia menyelesaikan S1 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan S2 di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, kemudian melanjutkan program doktoral (S3) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. 

Jebul Suroso yang sempat menduduki jabatan Rektor UMP untuk pengganti antarwaktu itu juga pernah sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama serta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan AIK. 

Kariernya semakin "kinclong" ketika ia menjabat Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMP. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fikes UMP, Wakil Dekan Bidang Akademik Fikes UMP, dan Ketua Program Studi Keperawatan D3 UMP. 

Selain itu, Assoc. Prof. Dr. Jebul Suroso merupakan asesor LAM PTKes sejak tahun 2018 sampai sekarang. Tidak hanya itu, ia juga sempat menjadi Ketua Bidang Kerjasama LN AIPNI Pusat dan Ketua Bidang Kerjasama AIPNI Jateng. 

Ia juga masuk dalam Tim Penilai Jabatan Fungsional Dosen LLDIKTI VI serta reviewer jurnal nasional UMY, UNW, dan Undip serta Ketua Rayon 3 Paguyuban Bidang Akademik Perguruan Tinggi Swasta Jawa Tengah. 

Di Muhammadiyah, Jebul Suroso juga aktif sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kembaran, Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, dan sekarang aktif di Wakil Ketua LPCR PP Muhammadiyah serta Dewan Penasihat Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah.  (tgr)

Baca juga: PDM Banyumas gelar pengukuhan dan ideopolitor unsur majelis-lembaga
Baca juga: PP Muhammadiyah serahkan Surat Keputusan Pengangkatan Rektor UMP 2023-2027
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024