Semarang (ANTARA) - Muhammad Assegaf dan Nurul Amany terpilih sebagai pasangan Denok Kenang Kota Semarang 2023 pada Grand Final Denok Kenang yang pada tahun ini digelar di Taman Indonesia Kaya (TIK) Semarang.

Untuk pertama kali sejak tahun 2010, Pemerintah Kota Semarang menggelar Grand Final Denok Kenang di ruang terbuka, sebab satu dekade terakhir penyelenggaraan dengan konsep indoor.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Semarang, Rabu, mengatakan bahwa penyelenggaraan final Denok Kenang di ruang terbuka itu merupakan satu inovasi dari tahun-tahun sebelumnya, sekaligus upaya mempromosikan pariwisata di Kota Semarang

"Pemilihan 'venue' di Taman Indonesia Kaya ini bukan tanpa alasan, melainkan sebuah inovasi baru dari acara sebelumnya," kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

"Biasanya diselenggarakan indoor, kali ini kita putuskan untuk outdoor sebagai bentuk promosi tempat pariwisata dan memberikan hiburan untuk masyarakat," tambahnya.

Pemilihan Denok Kenang tahun 2023 merupakan serangkaian acara perayaan Hari Jadi Ke-476 Kota Semarang.

Baca juga: Mahasiswa KPI UIN Walisongo juara dua Denok Kenang Kota Semarang 2023

Denok Kenang merupakan gelar untuk pasangan yang berperan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kota Semarang. Finalis yang terpilih akan bertugas mempromosikan wisata yang ada di Kota Semarang.

Menurut Ita, masih banyak tempat wisata di kota Semarang yang berpotensi sehingga perlu diperkenalkan ke masyarakat luas.

"Semarang memiliki potensi wisata, mulai dari wisata heritage, wisata alam dan yang saat ini terbaru ada wisata belanja. Tahun 2023 ada peresmian dua mal sehingga tidak perlu ke luar kota lagi untuk berbelanja," ujarnya.

Nantinya, kata dia, mal akan berkolaborasi dengan UMKM serta menyajikan suguhan yang luar biasa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Terpilihnya Denok Kenang yang tidak hanya "smart", namun juga melek digital, kata Ita, sangat diharapkan untuk mendongkrak pariwisata Kota Semarang secara optimal.

Di antara banyak destinasi wisata di Kota Semarang, yakni Pantai Marina, Waduk Jatibarang, Museum Kota lama, dan Kelenteng Sam Poo Kong.

Baca juga: 30 finalis Denok Kenang Semarang siap berkompetisi
Baca juga: Pemkot Semarang cari duta wisata Denok-Kenang 2023 yang melek digital

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024