Kudus (ANTARA) - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan gelar juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar (Popda) tingkat Keresidenan Pati yang jadwalkan digelar di Kabupaten Rembang, 5-7 Mei.

"Dari delapan cabang olahraga yang diikuti, semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Seluruh atlet juga memiliki kesiapan mental yang bagus sehingga kami targetkan bisa menjadi juara umum," kata Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kudus M. Zubaidi didampingi Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Olahraga Widhoro Heriyanto di sela-sela pelepasan atlet Popda di Kudus, Jumat.

Ia juga mengingatkan seluruh atlet untuk tetap fokus dan tampil maksimal selama kompetisi agar target tersebut bisa tercapai karena tuan rumah diperkirakan memasang target yang sama.

Menurut dia, atlet yang diturunkan dalam Popda tingkat Keresidenan Pati merupakan atlet pilihan dari hasil seleksi tingkat kabupaten. Kabupaten Kudus mengirimkan 105 atlet ditambah tim pelatih dan pembina sebanyak 25 orang.

"Mereka akan menjadi wakil untuk maju ke tingkat Provinsi Jateng jika berhasil menjadi juara," katanya.

Sementara itu, sejumlah cabang olahraga yang akan diikuti di antaranya, sepak bola, pencak silat, sepak takraw, taekwondo, voli, karate, basket, dan voli pasir.

Ia berharap Popda bisa menjadi ajang pengembangan dan meningkatkan minat, bakat, kecintaan, dan apresiasi di bidang olahraga di kalangan pelajar.

"Tujuan lainnya, yakni melatih jiwa sportivitas dan percaya diri serta tanggung jawab. Serta untuk memupuk, memelihara, dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar," ujarnya. 

Baca juga: Atlet Popda Kudus diusulkan didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024