Purwokerto (ANTARA) - Prodi Pendidikan IPS Program Magister Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sukses menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) IPS.

Kegiatan yang di SMPN 1 Mrebet, Purbalingga, Kamis (9/3), memperebutkan Piala Bergilir Prodi Pendidikan IPS Program Magister UMP. 

Kaprodi Pendidikan IPS Dr. Sriyanto mengatakan kegiatan menjadi ajang kompetisi awal sebelum peserta mengikuti lomba di tingkat provinsi dalam ajang Olimpiade IPS maupun cerdas cermat. 

Menurut dia, peserta LCC merupakan siswa-siswi pilihan dan terbaik yang berasal dari sekolah utusannya. 

"Kegiatan LCC diikuti oleh 59 regu yang terdiri atas 171 siswa," katanya di Purwokerto, Jumat (10/3). 

Ia mengatakan kegiatan LCC yang dilaksanakan sehari itu menetapkan SMPN 1 Purbalingga sebagai juara 1 dan berhak mendapatkan Piala Bergilir Prodi Pendidikan IPS Program Magister UMP plus uang pembinaan. 

Sebagai juara 2, kata dia, berasal dari SMPN 2 Purbalingga dan juara 3 ditempati SMPN 1 Kejobong.

Baca juga: UMP bersama Bank Jateng Syariah gelar festival kentongan

Ketua Pelaksana LCC Heri Utomo, S.Pd. mengatakan tujuan diselenggarakan LCC IPS yang berbarengan dengan LCC IPA dan Matematika itu sebagai persiapan untuk menghadapi Olimpiade Sains tingkat provinsi, bahkan nasional. 

Sementara Ketua MGMP IPS Kabupaten Purbalingga Nur Said Manfaluti, S.Pd., M.Pd.menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan LCC IPS tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga Tri Gunawan Setyadi, S.H., M.H. memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan LCC Mapel IPS, IPA, dan Matematika itu. 

"Prestasi siswa-siswi dalam ajang Olimpiade Sains di Kabupaten Purbalingga cukup membanggakan, karena tahun sebelumnya ada perwakilan siswa dari Purbalingga yang sampai pada tingkat nasional," katanya.

Ia mengharapkan pada tahun 2023 dapat memunculkan prestasi yang dapat melebihi tahun sebelumnya. 

"Sebagai bentuk dukungan kegiatan ini, kami atas nama Bupati Purbalingga memberikan bantuan kepada pihak panitia LCC," katanya. (sri/tgr)

Baca juga: Perpustakaan UMP raih Juara 2 FPPTMA Awards 2023
Baca juga: Anak tukang becak raih gelar sarjana pendidikan di UMP

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024