Purwokerto (ANTARA) - Dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Firlia Indah Fathunnisa dan Aurora Magenta Diva meraih beasiswa Erasmus Plus 2023 di Sofia University Bulgaria.

Selain itu, dua mahasiswa lainnya, yakni Faizah Diah Hayuningtyas dari Prodi Akuntansi S1 kelas internasional dan Laila Muhammad Umar Lahmadi dari PG PAUD S1 lulus Internasional Credit Transfer (ICT) Program di Management and Science University Malaysia. 

Saat melepas empat mahasiswa itu, Wakil Rektor IV UMP Bidang Riset Inovasi dan Sumber Daya Manusia Assoc. Prof. Dr. Anwar Ma'ruf, M.T. mengharapkan agar program tersebut dapat dilakukan oleh jajaran pendidik seperti dosen. 

"Jadi tidak hanya mahasiswa yang melakukan pertukaran, juga dosen dapat melakukan pertukaran di luar negeri," katanya.

Ia mengatakan ketika para mahasiswa itu kembali ke UMP, mereka dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya sehingga ada penerus yang mengikuti program tersebut di negeri tetangga.

Baca juga: Rektor UMP ajak mahasiswa internasional ikuti Kirab Hari Jadi Banyumas

Sementara itu, Kepala Biro Urusan Internasional (BUI) UMP Condro Nur Alim, Ph.D. mengatakan keberhasilan empat mahasiswa tersebut menjadi bukti bahwa UMP mampu bersaing dengan akademisi lainnya secara nasional maupun internasional.

"Keberhasilan mahasiswa ini menjadi bukti bahwa UMP mampu bersaing dengan akademisi nasional maupun internasional," tegasnya.

Salah seorang mahasiswa penerima beasiswa Erasmus Plus 2023, Aurora Magenta Diva mengatakan program tersebut dapat menjadi acuan bagi mahasiswa lain untuk mengikuti jejaknya.

"Semoga di tahun-tahun berikutnya, mahasiswa yang lolos program ini lebih banyak lagi dan mereka dapat mengemban ilmu di negeri lain," katanya.

Sementara Laila Muhammad Umar Lahmadi mengatakan UMP mampu menjadi sistem pendukung bagi mahasiswa dalam menggapai mimpi.

"UMP mendukung mahasiswanya untuk mengejar mimpi seperti saya yang diberi kesempatan untuk mengikuti program ini," katanya. (nan/tgr)

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Purwokerto gelar Pemilihan Rektor Periode 2023-2027
Baca juga: Dua tim mahasiswa Kebidanan S1 UMP raih juara esai nasional

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024