Solo (ANTARA) - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan satwa yang akan menjadi koleksi baru Solo Safari segera tiba menyusul pengerjaan revitalisasi tahap satu yang hampir selesai.

"Tadi pagi saya ke sana (Solo Safari), hewan lain transfernya tanggal 20 Januari 2023," katanya di Solo, Senin.

Ia mengatakan saat ini seluruh lokasi yang akan ditempati satwa-satwa tersebut sudah dalam kondisi bersih dan siap digunakan.

"Sudah beres, tinggal dimasukkan semua," katanya.

Ia mengatakan satwa-satwa yang siap transfer tersebut datang dari Taman Safari dan beberapa satwa merupakan sumbangan darinya. Meski demikian, ia masih enggan menyampaikan apa saja satwa yang akan menjadi koleksi baru Solo Safari.

Ia hanya memberikan bocoran, nanti binatang Komodo akan ditempatkan di lokasi paling depan.

"Komodo paling depan, beli tiket, turun langsung Komodo," katanya.

Disinggung mengenai persiapan pembukaan yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 27 Januari, dikatakannya, sudah siap 100 persen.

"Nanti sepulang saya dari Jakarta kita ngomongin tentang pembukaan," katanya.

Awalnya, pembukaan direncanakan pada akhir tahun lalu. Meski demikian, karena beberapa kendala termasuk hujan akhirnya pembukaan baru bisa dilakukan akhir bulan ini.

Berbeda dengan sebelumnya, satwa-satwa tersebut akan ditempatkan tanpa menggunakan kandang melainkan dibuat pulau-pulau kecil di danau yang ada di dalam kebun binatang.

Termasuk terkait harga tiket, ia belum ingin mempublikasikannya. Meski demikian, dipastikan harga tiket tersebut akan sesuai dengan kepuasan yang diperoleh para pengunjung selama di Solo Safari.

Baca juga: Pemkot Surakarta janjikan fasilitasi PKL Taman Satwa Taru Jurug
Baca juga: Pembangunan Taman Satwa Taru Jurug Solo sudah 80 persen

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024