Magelang (ANTARA) - Anugerah Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 kepada Kota Magelang memacu daerah ini untuk semakin maju dalam membangun daerah, kata Wakil Wali Kota Magelang M Mansyur.

"Penghargaan ini memicu dan memacu daerah untuk semakin maju dalam membangun daerah," kata Mansyur dalam siaran pers Bagian Prokompim Kota Magelang, Selasa.

Pemerintah Kota Magelang berhasil mendapatkan Juara 2 Kategori Sumber Daya Manusia pada Anugerah Pemetaan Daya Saing Daerah (PDSD) Provinsi Jawa Tengah tahun 2022.

Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen kepada Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur di Gedung Gradhika Bhakti Praja di Semarang, Senin (19/12).

Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu menjelaskan, dengan penghargaan ini artinya Kota Magelang dinilai memiliki kemampuan dalam pemanfaatan potensi internal dan punya daya saing terhadap wilayah di sekitarnya.

"Dengan penghargaan ini, Kota Magelang dinilai dari kemampuan pemanfaatan potensi internal dan kita juga punya daya saing terhadap kawasan di sekitarnya," kata Handini.

Menurut dia pada PDSD tahun 2022 ini Kota Magelang termasuk yang memiliki daya saing bidang SDM tinggi, yakni 4,124. Masih ada aspek lain yang harus dikuatkan dan menjadi perhatian bersama agar punya daya saing tinggi.

Sebagai informasi, sebanyak 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah mendapat penghargaan PDSD tahun 2022 dari Pemprov Jateng. Penghargaan tersebut diberikan dengan kategori sumber daya manusia, kategori faktor penguat, kategori ekosistem inovasi dan kategori pasar. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024