Semarang (ANTARA) - SDN 1 Kebumen terus berupaya meningkatkan kegiatan literasi siswa, mulai dari kegiatan membaca 15 menit saat prapembelajaran, kegiatan membaca di halaman, sampai mengadakan kegiatan ekstrakurikuler.

Diannita, guru pembimbing literasi sekaligus Kepala Sekolah di SDN 1 Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal menjelaskan pada kegiatan ekstrakurikuler dibentuklah klub literasi. 

"Klub tersebut dibentuk pada awal tahun ajaran 2022/2023, tepatnya pada Juli 2022. Klub ini berisi anak-anak yang memiliki minat dalam bidang literasi. Bukan hanya kegiatan membaca, tetapi klub ini juga mewadahi kegiatan lain," katanya.

Baca juga: MIKIR, Pendekatan belajar yang fleksible

Diannita menjelaskan ada banyak kegiatan yang dilakukan klub literasi di antaranya dengan mengajak anak-anak anggota belajar menjadi jurnalis. 

Anak-anak anggota klub literasi, lanjut Diannita, diminta untuk meliput beragam kegiatan sekolah seperti sosialisasi antiperundungan. 

"Sebelum kegiatan peliputan, guru pembimbing klub literasi memberikan rambu-rambu penulisan liputan. Saat peliputan pun tetap didampingi agar sesuai dengan struktur tulisan," kata Diannita.

Baca juga: SDN 1 Kebumen, genjot prestasi dengan perencanaan dini

Mereka yang tulisannya layak, lanjut Diannita, dikirim ke sejumlah media massa untuk ditayangkan.

"Saya sangat senang, tulisan saya terbit di koran tingkat Provinsi Jateng. Saya akan lebih semangat menulis," kata Fathan, anggota klub literasi yang saat ini duduk di kelas empat SDN 1 Kebumen.

Diannita menambahkan antusiasme anak-anak dalam berkarya harus difasilitasi dan diwadahi agar semakin banyak karya yang dapat dimunculkan.

Baca juga: Siswa Bintang, Program unggulan SDN Sendangmulyo 02 Semarang
Baca juga: Disdikbud-Tanoto Foundation fasilitasi Kendal Pintar Berbagi

*Penulis: Diannita Ayu Kurniasih
Kepala Sekolah SDN 1 Kebumen, Kabupaten Kendal dan fasilitator program PINTAR Tanoto Foundation
 

Pewarta : Diannita Ayu Kurniasih*/Nur Istibsaroh
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024