Semarang (ANTARA) - Keberhasilan pelaksanaan suatu program tidak lepas dari keberhasilan perencanaannya dan hal itu yang menjadi motivasi bagi SDN 1 Kebumen, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah untuk menyusun program sekolah lengkap dengan target yang akan dicapai.

"Perencanaan tersebut juga berdasarkan hasil analisis rapor pendidikan yang dirilis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Diannita Ayu Kurniasih, selaku Kepala SDN 1 Kebumen.

Untuk kesuksesan program tersebut, lanjut Diannita, sekolah telah melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa pada Jumat, 29 Juli 2022. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan paparan program yang disampaikan masing-masing penanggung jawab program kemudian ditindaklanjuti dengan penyampaian program kepada pengurus komite.

Program yang disampaikan di antaranya mengenai penerapan kurikulum sekolah, kegiatan penampungan bakat dan minat siswa, kegiatan pembiasaan siswa, pelaksanaan asesmen, serta kegiatan akreditasi sekolah.

Baca juga: Siswa Bintang, Program unggulan SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Menurut Diannita hal unik yang muncul dalam kegiatan tersebut adalah pencantuman target pada setiap program sekolah, sehingga dapat menjadi motivasi dan pemicu bagi penanggung jawab, siswa, maupun orang tua yang selalu memberikan dukungan pada setiap program sekolah.

Eni Tri Handini, Korwilcam Biidang Pendidikan Kecamatan Sukorejo menambahkan untuk keberhasilan program tersebut, diperlukan sinergi antara orang tua dan sekolah.

Baca juga: Disdikbud-Tanoto Foundation fasilitasi Kendal Pintar Berbagi

Ketua Komite Binanti Dian Kurniasari juga mengakui sekolah merupakan tempat bagi anak-anak untuk mengembangkan bakat, minat, serta menumbuhkan karakter. Untuk itu, kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua sangat diperlukan.

Terkait dengan penyampaian program beserta target capaian tersebut diharapkan akan mampu menjadi cambuk bagi sekolah untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi sekolah.

Perolehan kejuaraan dalam berbagai lomba yang selama ini diikuti, juga menjadi salah satu tolok ukur prestasi yang patut direncanakan sejak dini.

Ia menambahkan suatu program tidak akan berdaya guna jika tidak disertai target capaian dan melalui pencantuman target, setiap pelaksana program tentu akan mengatur strategi untuk sebisa mungkin mencapai target yang diharapkan.
Baca juga: Kenalkan siswa perbankan dari sisihkan uang jajan di celengan


*Penulis: Diannita Ayu Kurniasih
Kepala SDN 1 Kebumen Kec Sukorejo, Kab Kendal
Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation

Pewarta : Diannita Ayu Kurniasih*/Nur Istibsaroh
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024