Semarang (ANTARA) -
Warga dari berbagai etnis Nusantara turut memeriahkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Provinsi Jawa Tengah di halaman Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin.

Mereka datang mengenakan pakaian adat dan membawa hadiah berbagai makanan khas untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Saya senang di Jawa Tengah ada banyak suku dan mereka berkenan untuk ikut berpartisipasi dengan kita semuanya. Tentu ini bagian yang sangat membahagiakan dan ini bagian dari kebersamaan kita," kata Ganjar usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-72 Jawa Tengah.
 
Baca juga: Ganjar minta percepatan sejumlah pekerjaan penting di Jateng

Ia menyebut ulang tahun Provinsi Jawa Tengah tahun ini dirayakan dengan kesederhanaan, namun banyak yang datang dan berkontribusi yakni perwakilan dari masyarakat Papua, Sumatera Barat, Dayak, Bugis, Riau, Jawa, hingga etnis Tionghoa.

"Saya senang karena hari ini unik, ada kawan-kawan dari Papua membawa makanan khas ubi tumbuk. Banyak etnis juga yang ada di Jawa Tengah datang tidak hanya dengan pakaian adatnya tapi juga makanan adat. Tadi ada Sumatera Barat, etnis Tionghoa, dan lainnya," ujarnya.

Menurut Ganjar, hari ini seharusnya semua pihak di Jawa Tengah mulai bicara soal banyak prestasi misalnya penghargaan yang diterima Presiden Joko Widodo dari IRRI karena Indonesia selama tiga tahun tidak melakukan impor beras, artinya ketahanan pangan kuat hari ini.

"Kalau itu bisa kita terjemahkan sampai tingkat daerah maka kita pun bisa mencoba memberikan praktik-praktik baik dan prestasi baik," katanya.

Baca juga: Melihat Tari Soledo, ikon baru kawasan Borobudur perpaduan tiga daerah

Di Jawa Tengah, lanjut dia, banyak praktik baik yang sudah dilakukan terkait dengan upaya ketahanan pangan.

"Terbaru adalah pengendalian inflasi yang baik karena kerja sama semua pihak, kemudian ada learning center bawang putih di Tegal untuk meningkatkan produktivitas komoditas bawang putih sebagai upaya menjaga ketahanan pangan," ujarnya.(LHP)
Baca juga: Jajaran Polda Jateng tangkap puluhan penjudi

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024