Purwokerto (ANTARA) - Aula Syamsuhadi Irsyad di lantai 10 Tower AR Fahrudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjadi aula termegah di UMP.

"Ini kami beri nama Aula Syamsuhadi Irsyad. Beliau adalah tokoh kami," kata Rektor UMP Dr. Jebul Suroso saat meresmikan Aula Syamsuhadi Irsyad, Selasa (9/8).

Menurut dia, mendiang Syamsuhadi Irsyad pernah menjadi Rektor UMP selama lima periode, yakni dua periode sebelum menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia dan tiga periode setelahnya.

Ia mengatakan pemberian nama Aula Syamsuhadi Irsyad tersebut merupakan bentuk apresiasi segenap civitas academica UMP untuk Allahu Yarham Syamsuhadi Irsyad.

"Mohon doanya penamaan ini adalah bentuk apresiasi dan kita doakan mudah-mudahan langkah-langkah, amal bakti beliau menjadi amal jariah bagi beliau, dan dibalas dengan balasan terbaik dari Allah SWT," jelasnya. 

Sebelum menjabat Rektor UMP, kata dia, almarhum Syamsuhadi Irsyad sudah menduduki berbagai jabatan tinggi seperti Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, Ketua Muda MA Urusan Lingkungan Peradilan Agama, Hakim Agung MA, dan beberapa kali menjadi Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA).

Baca juga: Inilah cerita mahasiswa Sastra Inggris FIBK UMP jadi sukarelawan di APG 2022

Mendiang Syamsuhadi Irsyad juga pernah menjabat Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto, Ketua Pengadilan Agama (PA) Purwokerto, Pembantu Rektor III IKIP Muhammadiyah Purwokerto, dan Wakil Ketua PA Purwokerto.

Syamsuhadi Irsyad merupakan Sarjana Syariah di Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga dan Sarjana Hukum di FH Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Lalu dia mendapat gelar magister hukum dari FH Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Pada 2009 lalu, ia berhasil menyelesaikan studi S3 di FH Universitas Indonesia (UI) dan berhak menyandang gelar doktor. Tak hanya itu, Syamsuhadi Irsyad juga malang-melintang di berbagai organisasi hingga akhirnya dia menjabat Rektor UMP.

Di tengah periode ketiga memimpin UMP, Dr Syamsu telah menorehkan UMP menjadi salah satu perguruan tinggi yang terpandang di Indonesia. UMP menempati rangking kedua Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Jawa Tengah bagian barat.(Tgr)

Baca juga: IMM Insan Kamil UMP gelar Madrasah Profetik untuk perkuat nalar kritis
Baca juga: Bio Farma dan PathGen gandeng UMP ciptakan alat deteksi kanker usus besar

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024