Solo (ANTARA) - PT PLN (Persero) menjamin keandalan pasokan listrik selama pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo dan beberapa daerah lain di Jawa Tengah.

General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) Tejo Wihardiyono melalui keterangan tertulisnya yang diterima di Solo, Selasa, mengatakan PLN memastikan kesiapan instalasi kelistrikan melalui pemeliharaan bay transmisi dan trafo.

Selain itu, PLN juga berupaya meningkatkan pengawasan thermovisi pada peralatan penyuplai even, mengupayakan zero anomali, grebek tematik keandalan, hingga melakukan penggantian infrastruktur kelistrikan.

Baca juga: PLN sambung listrik persawahan di Boyolali

"Upaya kami dalam meningkatkan keandalan listrik di Jateng untuk mendukung perhelatan tersebut. Kami memastikan pasokan listrik yang andal di ajang internasional APG," katanya.

Menurut dia, untuk memasok listrik pada kegiatan tersebut, PLN mengandalkan dua subsistem, yakni subsistem Pedan 1 dan 2 serta subsistem pembangkit Tambaklorok-Ungaran 1 dan 2.

Selain itu, katanya, PLN telah memitigasi potensi kerawanan pada ruas penghantar dengan melakukan penggantian isolator tanpa padam dengan metode pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB).

Upaya lain adalah melakukan penggantian kawat petir atau ground steel wire, penggantian lightning arrester atau pelindung peralatan listrik, hingga penggantian material transmisi utama (MTU) dalam kondisi perlu segera penggantian.

"Upaya penggantian MTU ini dilakukan untuk mencegah terjadinya breakdown peralatan, sehingga kontinuitas penyaluran sistem tenaga listrik dapat terjaga. Selain itu, dengan kondisi MTU yang optimal juga dapat meningkatkan keandalan peralatan, sehingga mendukung fleksibilitas pengaturan sistem tenaga listrik," katanya.

Baca juga: PLN jangkau lokasi terpencil di Pekalongan

Selama kegiatan berlangsung, pihaknya juga akan menyiagakan personel dari Manajemen Unit Pelaksana Transmisi (UPT) terkait, manajemen kantor Induk UIT JBT, tim Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) di lokasi Gardu Induk (GI) penyuplai kegiatan, siaga line walker di ruas pemasok kegiatan, serta memastikan kesiapan trafo mobile.

Sementara itu, selain Kota Solo, beberapa daerah lain yang juga menjadi tempat penyelenggaraan APG 2022, yakni Kota Semarang, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sukoharjo.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN jamin keandalan pasokan listrik selama APG di Solo

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024