Dakar (ANTARA) - Virus Marburg, dengan ciri-ciri dan sangat menular seperti Ebola, menewaskan dua warga di Ghana, demikian hasil yang diumumkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kamis (7/7).

Meski dari tes yang dilakukan di negara tersebut menunjukkan hasil positif, namun masih harus dikonfirmasi oleh laboratorium di Senegal. Kedua warga yang tewas itu berasal dari wilayah Ashanti selatan. Keduanya memiliki gejala yang sama, termasuk diare, demam, mual, dan muntah, sebelum meninggal di rumah sakit.

Jika kasus-kasus itu terkonfirmasi, peristiwa tersebut akan menjadi satu-satunya wabah kedua Marburg di Afrika Barat. Kasus virus pertama terdeteksi tahun lalu di Guinea, tanpa ada kasus lebih lanjut yang teridentifikasi. WHO melakukan persiapan cepat untuk kemungkinan respons wabah saat penyelidikan lebih lanjut.

Sejak tahun 1967, ada 12 wabah Marburg yang terjadi sebagian besar di Afrika wilayah selatan dan timur dengan tingkat kematian bervariasi dari 24 persen hingga 88 persen tergantung pada jenis dan penanganan kasus.

Sumber: Reuters

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Virus Marburg yang sangat menular menginfeksi dua orang di Ghana

Pewarta : Mulyo Sunyoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024