Semarang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin didampingi Kepala Rupbasan Kelas I Surakarta Ratna Dwi Lestari meluncurkan inovasi bernama Gathotkaca milik Rupbasan Kelas I Surakarta, Rabu (19/01).

Aplikasi Gathotkaca merupakan implementasi e-government yang dijalankan Rupbasan Kelas I Surakarta untuk mewujudkan pelayanan yang transparan dan akuntabel.

Aplikasi tersebut digunakan untuk mencari data dan informasi barang sitaan dan barang tilang melalui smartphone android dan personal komputer. Instansi terkait maupun masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses informasi data terkait yang dibutuhkan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah mengapresiasi lahirnya inovasi teknologi informasi dari Rupbasan Surakarta tersebut, terlebih Aplikasi Gathotkaca merupakan bentuk dari implementasi salah satu fungsi ASN yaitu sebagai pelayan publik.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan. Sebagai pelayan publik, seluruh ASN di Kemenkumham harus memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu jalannya yaitu membuat aplikasi dalam rangka mempermudah memberikan pelayanan Rupbasan kepada mitranya mulai dari Polres, Pengadilan, hingga masyarakat,” kata Yuspahruddin.

Baca juga: Pejabat Kemenkumham tandatangani perjanjian kinerja 2022

Baca juga: Kemenkumham Jateng gelar Parade Deklarasi Janji Kinerja di tingkat UPT

Kehadiran Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah dalam kegiatan tersebut sekaligus menyaksikan penandatangan perjanjian kerja sama antara Rupbasan Kelas I Surakarta dengan Kepolisian Resort Kota Surakarta, SMK Negeri 6 Surakarta, dan SMK Warga Surakarta.

Kakanwil juga menyaksikan pembacaan Deklarasi Janji Kinerja bagi seluruh pegawai Rupbasan Kelas I Surakarta.

Turut hadir secara langsung di Ruang Meeting Rupbasan Kelas I Surakarta, Kepala Polresta Surakarta Ade Safri Simanjuntak, Kepala Bapas Kelas I Surakarta Susana Tri Agustin, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta Winarko, Kepala Lapas Kelas IIA Sragen Purwoko Suryo Pranoto, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, dan perwakilan dari SMK Warga Surakarta.

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024