Cilacap (ANTARA) - Jalan raya baru yang melintasi area proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap dibuka untuk uji coba mulai Jumat (16/12) hingga satu minggu ke depan.

Pembukaan Uji coba dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Senior Manager Project RDMP Fajar Basuki, General Manager PT KPI RU IV Cilacap Eko Sunarno, Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cilacap Inspektur Polisi Satu Khamami, dan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan itu, KBO Satlantas Polres Cilacap Iptu Khamami mengatakan uji coba dilakukan selama satu minggu ke depan dan dilanjutkan dengan tahap evaluasi. 

"Nanti bersama Dinas Perhubungan, kami akan mengevaluasi terkait kelengkapan, rambu, dan marka jalan selama masa uji coba ini," katanya.

Menurut dia, pembukaan resmi jalan baru tersebut menunggu informasi dari proyek RDMP serta serah terima kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. 

Baca juga: Ini yang dilakukan tim sukarelawan PT KPI RU IV Cilacap di lokasi APG Semeru

"Belum ada informasi terkait pembukaan resmi jalan baru ini. Kita lihat dulu bagaimana perkembangan selama satu minggu uji coba," kata Khamami.

Senior Manager Project RDMP Fajar Basuki mengatakan Jalan MT Haryono Relokasi memiliki kelengkapan seluruh jalan yang dipersyaratkan, sehingga layak untuk diujicobakan. 

"Masa pembangunan jalan baru ini sekitar 1,5 tahun sejak Januari 2020. Secara teknis jalan ini sudah sempurna dan sesuai standar pembangunan jalan," katanya. 

Sementara dalam pernyataannya, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan apresiasi kepada pihak RDMP atas dibukanya jalan baru yang lebih lebar dan memperlancar aktivitas masyarakat. 

"Atas nama pribadi dan pemerintah, kami sampaikan terima kasih kepada pihak Pertamina khususnya RDMP dengan uji coba jalan baru ini," katanya.

Jalan yang diberi nama MT Haryono Relokasi itu menjadi jalur baru yang membelah Jalan MT Haryono di sisi barat dengan Jalan Ir H Juanda di sisi timur. 

Jalan baru sepanjang 3.100 meter itu dibuat seiring rencana pembangunan proyek RDMP RU IV Cilacap yang menempati sebagian Jalan MH Thamrin di sisi timur.

Baca juga: Pertamina Cilacap salurkan tabung elpiji untuk dapur umum erupsi Semeru
Baca juga: PT KPI RU IV Cilacap salurkan "freezer" untuk dapur umum wilayah terdampak erupsi Semeru
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024