Cilacap (ANTARA) - Bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada 4 Desember 2021, mengundang simpati dan empati dari banyak pihak termasuk PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap. 

Sejak diturunkan ke lokasi terdampak di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pada Senin (13/12/2021), tim sukarelawan gabungan masih melakukan berbagai program bantuan pemulihan bagi warga terdampak.

Salah satunya seperti yang dilakukan pada hari Jumat (17/12), tim sukarelawan PT KPI RU IV Cilacap menyelenggarakan doa bersama untuk keselamatan di Masjid Akhlakul Karimah, RT 02 RW 04 Dusun Kebonan, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo. Kegiatan tersebut diikuti warga setempat yang lebih dulu menunaikan salat Jumat.

Usai salat Jumat, imam dan khatib KH Mulyono mengawali rangkaian doa bersama dengan melaksanakan salat gaib, mendoakan para korban meninggal dunia dalam bencana APG Semeru, serta dilanjutkan doa bersama untuk keselamatan dan keberkahan. 

"Karena penguasa dan pemilik keselamatan hanya berlindung kepada Allah SWT. Mari bermunajat dan berdoa bersama," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap salurkan tabung elpiji untuk dapur umum erupsi Semeru

Selesai kegiatan doa bersama, Koordinator Sukarelawan Gabungan PT KPI RU IV Cilacap Rian Pratama Pribadi secara simbolis menyerahkan bantuan perlengkapan ibadah total sejumlah 105 buah, terdiri atas Al Quran, sarung, mukena, dan sajadah. 

"Bantuan ini kami serahkan kepada takmir Masjid Akhlakul Karimah untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Termasuk jika ada mushalla di sekitar yang membutuhkan, silakan untuk bisa dibagikan," katanya.

Pengurus Masjid Akhlakul Karimah, Fauzan menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk kepedulian sukarelawan PT KPI RU IV Cilacap, diwujudkan dengan bantuan perlengkapan ibadah tersebut. 

"Kami tentu berterima kasih, bantuan ini akan digunakan sebaik-baiknya. Semoga ini menjadi keberkahan juga untuk Pertamina," ungkapnya.

Rangkaian bakti sosial ditutup dengan penyaluran tali asih kepada warga di wilayah Dusun Kebonan, Desa Oro Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, salah satu wilayah terdekat Gunung Semeru.

Baca juga: PT KPI RU IV Cilacap salurkan "freezer" untuk dapur umum wilayah terdampak erupsi Semeru
Baca juga: Patrapala kibarkan bendera Pertamina di puncak Gunung Slamet

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024