Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Gas Domestik (Gasdom) Kota Malang, Jawa Timur menyalurkan 15 unit tabung elpiji ukuran 12 kilogram untuk mendukung kebutuhan dapur umum di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru.

Penyaluran tabung elpiji tersebut dilakukan secara simbolis oleh Koordinator Tim Sukarelawan PT KPI RU IV Cilacap Rian Pratama Pribadi kepada Yusak Krismanto selalu petugas dapur umum PMI Kabupaten Malang di Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Jatim, Rabu (15/12) sore.

Dalam kesempatan itu, Rian mengatakan kebutuhan elpiji menjadi salah satu perhatian tim sukarelawan mengingat program dapur umum masih berlangsung. 

"Hasil koordinasi dengan PMI Kabupaten Malang, suplai elpiji memang menjadi kebutuhan yang mendesak. Sehingga selain bantuan mesin freezer yang diberikan sehari sebelumnya, hari ini (15/12) kami suplai tabung elpiji beserta isinya. Selanjutnya setiap tiga hari sekali kami suplai isi ulang gasnya, gratis," katanya.  

Pihaknya berharap bantuan tersebut semakin memperlancar aktivitas dapur umum yang dikoordinasi PMI Kabupaten Malang. 

Baca juga: PT KPI RU IV Cilacap salurkan "freezer" untuk dapur umum wilayah terdampak erupsi Semeru

"Di posko dapur umum ini petugas menyediakan 1.300 porsi per hari untuk masyarakat terdampak di pengungsian maupun sukarelawan dan aparat yang bertugas di sekitar lokasi," katanya.

Sementara itu, Yusak menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh dari PT KPI RU IV Cilacap untuk program dapur umum tersebut. 

"Bantuan suplai elpiji sangat penting dan memudahkan kami dalam melanjutkan dapur umum," katanya.

Selain untuk dapur umum PMI Kabupaten Malang, tim relawan PT KPI RU IV Cilacap juga menyuplai tabung elpiji 12 kg untuk posko Sekolah Relawan yang berada di depan Balai Desa Supiturang. 

"Kami sempat kesulitan mendapatkan suplai gas dengan akses yang cukup jauh. Suplai tabung gas ini sangat tepat di masa tanggap darurat pasca-erupsi Semeru. Terima kasih bantuan tabung elpiji ini," kata Ramdoni selaku petugas Rescue Sekolah Relawan.

Baca juga: Patrapala kibarkan bendera Pertamina di puncak Gunung Slamet
Baca juga: Persembahan HUT Ke-64 Pertamina, Perwira Pertamina Cilacap lari 64K

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024