Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan 459.222 warga setempat sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai.

"Menurut data terbaru per hari ini, total warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama ada sebanyak 459.222 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Kamis.

Bila merujuk data, kata dia, maka sebanyak 459.222 orang yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama itu berarti 58,96 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini.

Pihaknya optimistis bahwa jumlah orang yang sudah divaksin di wilayah ini akan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Dia juga mengatakan bahwa peningkatan cakupan vaksinasi di wilayah ini merupakan hasil kerja sama berbagai pihak terkait mulai dari pemda, TNI, Polri, dan berbagai pihak lainnya.

"Dengan sinergi yang baik antara semua pihak diharapkan capaian vaksinasi di wilayah Purbalingga akan sesuai dengan target yang diharapkan," katanya.

Saat ini, pihaknya juga terus berupaya mempercepat peningkatan vaksinasi bagi lansia.

"Total vaksinasi bagi lansia 42.952 orang atau telah mencapai 43,44 persen dari target 98.887 sasaran lansia di wilayah ini," katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menambahkan pihaknya telah meminta seluruh kepala desa untuk mendata warga di wilayah masing-masing yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Kami sudah meminta seluruh kepala desa untuk mengintensifkan pendataan karena pemerintah desa paling tahu mana warganya yang belum divaksin," katanya.

Ia menjelaskan percepatan program vaksinasi COVID-19 tanggung jawab bersama lintas sektoral.

"Berdasarkan hasil evaluasi, kendala saat ini adalah ketika cakupan vaksinasi semakin tinggi ternyata semakin sulit mencari sasaran. Oleh karenanya data sangat penting, pemerintah desa dapat berperan strategis mendata warganya yang belum divaksin," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024