Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang membuka seleksi calon Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Vita Grafika untuk mengganti pejabat sebelumnya yang habis masa jabatannya.

Ketua Panitia Seleksi Calon Dewan Pengawas Perumda Vita Grafika Kota Magelang Chrisatya Yonas Nusantrawan di Magelang, Selasa, mengatakan bahwa pembukaan seleksi mulai 16 hingga 22 November 2021.

Seleksi terbuka dengan persyaratan pelamar meliputi sehat jasmani dan rohani, memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

"Pelamar harus memahami penyelenggaraan pemerintah daerah, memahami manajemen perusahaan yang berkaitan dengan salah satu fungsi manajemen, dan menyediakan waktu yang cukup untuk melaksanakan tugasnya," katanya.

Selanjutnya, mempunyai pendidikan paling rendah sarjana strata satu (S-1). Pelamar berusia maksimum 60 tahun pada saat mendaftar pertama kali, tidak pernah dinyatakan pailit, tidak pernah menjadi anggota direksi atau dewan pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit.

"Pelamar tidak sedang menjalani sanksi pidana dan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif," kata Yonas yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Magelang ini.

Di samping persyaratan umum, kata dia, seleksi juga menyertakan persyaratan khusus, antara lain pelamar adalah pejabat di lingkungan Pemkot Magelang yang masih aktif dan tidak bertugas melaksanakan pelayanan publik.

Selain itu, pelamar tidak sedang menduduki jabatan sebagai anggota dewan pengawas/komisaris lebih dari dua jabatan anggota dewan pengawas dan/atau anggota komisaris pada BUMD lainnya, BUMD dan/atau badan usaha swasta apabila dinyatakan lulus dan diangkat menjadi dewan pengawas.

"Pelamar harus memiliki integritas meliputi akhlak dan moral yang baik, komitmen mematuhi peraturan perundangan yang berlaku," kata Yonas.

Pendaftar mengirimkan berkas lamaran kepada Wali Kota Magelang melalui Panitia Seleksi Calon Dewan Pengawas Perumda Vita Grafika Magelang dengan alamat PO BOX 146 Magelang.

"Bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan UKK oleh lembaga profesional dan terakhir wawancaca oleh Wali Kota Magelang," katanya.

Baca juga: Perumda Vita Grafika Kota Magelang optimalkan jam kerja karyawan

Baca juga: Pemkab Boyolali dorong Perumda air minum untuk tingkatkan pelayanan

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024