Semarang (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Dan Gas Bumi (Hiswana Migas) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).

Penandatanganan yang berlangsung di salah satu hotel di Surabaya, Senin (3/10/2021) tersebut dilakukan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Ketua Umum Hiswana Migas Rachmad Muhamadiyah.

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin menjelaskan kerja sama tersebut ditujukan untuk mensinergikan sumber daya yang ada dari kedua pihak agar penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat berjalan secara efektif, efisien, dan terkoordinasi.

BPJAMSOSTEK, lanjut Zainuddin, menyambut baik kerja sama tersebut apalagi Hiswana Migas merupakan salah satu ekosistem yang cukup besar di Indonesia, sehingga dengan sinergi tersebut akan berdampak baik bagi pekerja di dalamnya.

"BPJS Ketenagakerjaan menyambut baik kerja sama ini, kami hadirkan di sini seluruh perwakilan cabang agar apa yang kita kerja samakan hari ini, apa yang kita niatkan hari ini, bisa langsung operasional oleh seluruh cabang kami di daerah," kata Zainudin.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda-BBPJN sosialisasikan Pragram Jamsostek

Zaenudin mengakui BPJAMSOSTEK tidak bisa bekerja sendiri, sehingga program jaminan sosial ketenagakerjaan dari negara tersebut harus sampai kepada masyarakat dengan dukungan dari seluruh pihak.

"Semoga ini akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, sekaligus memiliki kontribusi positif juga pada kesejahteraan pekerja Indonesia dan memperluas cakupan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," tambahnya.

Hiswana Migas merupakan mitra resmi dari Pertamina yang menjalankan unit-unit usaha Pertamina dan anggota Hiswana Migas tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari pengusaha ritel minyak tanah, SPBU, SPPBE, Agen LPG , Pelumas, Transportir, Petrokimia, Premium dan Minyak Solar Packed Dealer (PSPD), dan Agen Premium dan Minyak Solar (APMS).

Profil kepesertaan ekosistem Hiswana Migas berdasarkan kode ILO per bulan Agustus 2021 antara lain 8.274 pemberi kerja/ badan usaha sudah terdaftar di BPJAMSOSTEK dengan total 141.960 tenaga kerja dan angka tersebut akan terus bertambah melihat masih adanya potensi sejumlah 1.726 pemberi kerja/badan usaha yang belum terdaftar dengan jumlah pekerja 181.230 tenaga kerja.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda target RT/RW terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan

Rachmad Muhamadiyah dalam sambutannya juga mengatakan kerja sama yang disepakati tersebut akan membantu seluruh anggota Hiswana Migas memahami seluruh program jaminan sosial ketenagakerjaan serta manfaat yang akan diterima.

"Kami sangat senang dengan kerja sama ini, masih banyak anggota yang belum mengetahui program dan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan. Mudah-mudahan ini bisa membawa manfaat kepada seluruh anggota Hiswana Migas agar mendapat program-program Jamsostek demi melindungi seluruh karyawan atau tenaga kerjanya," kata Rachmad.

Dalam kesempatan terpisah Teguh Wiyono Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda mendukung penuh kerja sama yang telah dijalin bersama pihak Haswana Migas tersebut.

"Kami berharap dengan adanya kerja sama tersebut, akan menjadi contoh bagi setiap perusaahaan yang belum mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta BPJAMSOSTEK khususnya bagi perusahaan di wilayah Kota Semarang," kata Teguh Wiyono.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda sosialisasikan Program ke PSM
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024