Magelang (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominsta) Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah mendorong pengelolaan data di seluruh organisasi perangkat daerah setempat menjadi lebih efektif dan berkualitas.

"Diharapkan ke depan pengelolaan data di seluruh OPD menjadi lebih efektif dan berkualitas," kata Kepala Diskominsta Kota Magelang Suryantoro dalam keterangan tertulis diterima di Magelang, Jumat.

DiskominstaKota Magelang mengadakan kegiatan Forum Satu Data, Workshop Metadata Kota Magelang, dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2021. Kegiatan pada Rabu (22/9) itu diikuti oleh para produsen data dari seluruh OPD Kota Magelang dengan menghadirkan narasumber Kasi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Magelang Imam Suprapto.

Ia mengatakan keberadaan data yang berkualitas menjadi kebutuhan penting dalam perencanaan pembangunan, sedangkan kehadiran metadata meningkatkan kualitas data sehingga mampu tersaji serta dimanfaatkan dengan tepat dan akurat.

Menurut dia, Satu Data Indonesia telah menjadi tantangan bagi Pemerintah Kota Magelang untuk terus berinovasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral untuk mewujudkan Satu Data Kota Magelang yang valid, berkualitas, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Inovasi menjadi salah satu referensi perumusan dan evaluasi pembangunan," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk mewujudkan Satu Data Kota Magelang membutuhkan peran aktif dari seluruh produsen data khususnya pengelola teknis DataGo.

Oleh karena itu, kata dia, kegiatan itu untuk meningkatkan kapasitas produsen data, khususnya pengelola Datago Lintas OPD se-Kota Magelang.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan serah terima Lembar Komitmen Satu Data dari Wali Data Kota Magelang yang juga Kepala Diskominsta Suryantoro kepada Pembina Data Kota Magelang yang juga Kepala BPS Kota Magelang Sri Herawati dan Koordinator Data Kota Magelang yang juga Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu.

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024