Boyolali (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali di Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 12.950 dosis vaksin COVID-19 untuk memvaksinasi warga pada Jumat.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali Insan Adi Asmono di Boyolali, Jumat, vaksin tersebut akan digunakan untuk pelayanan vaksinasi COVID-19 di 20 puskesmas dan delapan tempat pelayanan vaksinasi yang lain.

Selain di puskesmas, Insan mengatakan, Dinas Kesehatan menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 di Desa Kopen dan Randusari di Kecamatan Teras, Desa Tanjungsari di Kecamatan Banyudono, Desa Tegalrejo di Kecamatan Sawit, Desa Kendel di Kecamatan Kemusu, Desa Titang dan Jeron di Kecamatan Nogosari, serta Desa Tumang di Kecamatan Cepogo.

Baca juga: Polres Boyolali vaksinasi penyandang disabilitas

Insan menambahkan, setiap puskesmas pada Jumat diberi jatah 500 dosis vaksin COVID-19.

Dia menjelaskan, pemerintah daerah menggencarkan pelayanan vaksinasi agar bisa menuntaskan pelaksanaan vaksinasi pada 835.772 orang sasaran di Boyolali pada akhir Desember 2021.

"Kami mulai minggu depan bakal menambah tenaga kesehatan hingga 100 lebih untuk kegiatan vaksinasi, sehingga jumlahnya menjadi 267 tenaga kesehatan percepatan vaksinasi," katanya.

Menurut dia, Dinas Kesehatan menargetkan 50 persen dari sasaran sudah divaksinasi pada akhir September 2021.

Menurut data Dinas Kesehatan, hingga Kamis (9/9) warga yang sudah mendapat suntikan dosis pertama vaksin COVID-19 sebanyak 239.976 orang atau 28,7 persen dari sasaran dan penyuntikan dosis kedua vaksin baru dilakukan pada 125.642 orang atau 15 persen dari sasaran.

Data pemerintah menunjukkan, 22.896 orang atau 93,8 persen dari jumlah akumulatif penderita COVID-19 di Kabupaten Boyolali sudah sembuh.

Pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit tercatat sebanyak 48 kasus, pasien yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 79 orang, dan pasien yang masih menjalani karantina di fasilitas isolasi terpusat sebanyak sembilan orang.

Angka keterpakaian tempat tidur pasien di rumah sakit di Kabupaten Boyolali sudah turun menjadi sekitar 12 persen dan wilayah itu sudah masuk zona kuning, zona risiko penularan COVID-19 rendah.

Baca juga: 8.000 dosis vaksin dialokasikan untuk pelajar di Temanggung
Baca juga: Gubernur Jateng luncurkan bus vaksin upaya percepatan vaksinasi

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024