Cilacap (ANTARA) - Perwira Pertamina Cilacap menyalurkan sebanyak 1.442 paket sembako bagi masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Pendistribusian bantuan tersebut dilakukan secara merata ke seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap sejak hari Jumat (16/7). 

Sasaran program yang dimotori oleh Relawan Pertamina Peduli (Relpi) bekerja sama dengan Baituzzakah Pertamina (Bazma) dan Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap tersebut, antara lain pedagang kaki lima, juru parkir, sopir angkot, abang becak, ojek daring, pemulung dan petugas kebersihan. 

Ketua Relpi Cilacap Anton Wibowo mengatakan program PPKM yang pada akhirnya diperpanjang sampai akhir Juli 2021, mengundang empati para perwira Pertamina Cilacap untuk bergerak bersama menyalurkan kebutuhan sehari-hari. 

"Ini cara kami bersyukur, yaitu dengan berbagi sesama. PPKM yang masih berlangsung, bagi sebagian saudara-saudara kita sangat berdampak," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap dukung aplikasi Stasiun Pemadam Kebakaran Terpadu

Ia mengatakan aksi sosial tersebut berhasil menghimpun donasi dari para perwira dan keluarga besar Pertamina Refinery Unit Cilacap sebesar Rp272 juta. 

Selanjutnya disusun dua program, yakni bantuan operasional masjid dan mushala serta pondok pesantren di Kelurahan Lomanis, Donan, Area 70, dan Kutawaru, sedangkan program kedua adalah bantuan paket sembako untuk masyarakat terdampak di wilayah kota sampai wilayah barat Cilacap. 

Anton mengatakan 1.442 paket sembako yang dibagikan tersebut bersumber dari pembelanjaan di pedagang-pedagang kecil di sekitaran Cilacap. 

"Secara kebetulan, jumlah paket sembako menyesuaikan dengan momentum tahun hijriyah, Idul Adha tahun ini," katanya. 

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengharapkan dengan adanya berbagai kegiatan sosial yang dimotori Relpi akan semakin mendekatkan Pertamina dengan warga Cilacap sekaligus menguatkan bukti kehadiran perusahaan dalam berbagai persoalan sosial kemasyarakatan. 

"Harapan kami, Relpi dapat terus mendorong semangat insan Pertamina untuk senang berbagi," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap pastikan warga tetap aman pascakebakaran tangki
Baca juga: Pertamina pastikan kualitas air dan udara di Cilacap aman pascakebakaran

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024