Purwokerto (ANTARA) - Kilang Pertamina Cilacap mendukung dan terlibat dalam peluncuran aplikasi Stasiun Pemadam Kebakaran Terpadu (Satkar Taru) sebagai bentuk peran aktif perusahaan itu dalam penanggulangan bencana kebakaran.

Peluncuran aplikasi Satkar Taru tersebut dilakukan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di halaman Pendopo Wijayakusuma, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (16/6).

Kegiatan diawali apel bersama yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama serta Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Cilacap dan pihak-pihak terkait. 

Penandatanganan dilakukan oleh Satpol PP Cilacap bersama pihak Bandara Tunggul Wulung, PT Solusi Bangun Indonesia, Pelindo III Regional Jawa Tengah, PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap, PT Indonesia Power PLTU Adipala OMU, Pertamina Fuel Terminal Lomanis, Pertamina Fuel Terminal Maos, Pertamina Integrated Terminal Cilacap, dan Pertamina Refinery Unit IV Cilacap.
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut baik pemanfaatan teknologi terbaru untuk menunjang pemadaman kebakaran melalui aplikasi Satkar Taru. 

Baca juga: Pertamina Cilacap pastikan warga tetap aman pascakebakaran tangki

"Dengan aplikasi ini diharapkan semakin meningkatkan layanan pelaksanaan pemadaman dan pengendalian kebakaran, melalui pemberdayaan sumber daya secara terpadu," katanya.

Ia mengatakan aplikasi Satkar Taru dapat diakses melalui telepon pintar berbasis Android dengan cara instal terlebih dahulu. Selanjutnya, pengguna membuat akun agar nantinya dapat terlacak dengan mudah dan cepat. 

"Ketika ada kebakaran, ada panic button di aplikasi yang bisa dipencet. Selanjutnya pihak-pihak yang tergabung dalam Satkar Taru dapat melihat untuk segera mengirimkan tim," katanya menjelaskan.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan keterlibatan Pertamina di aplikasi Satkar Taru sebagai bukti sinergitas dengan pihak-pihak lain dalam menuntaskan permasalahan sosial kemasyarakatan. 

"Kami di Cilacap, sudah semestinya keberadaan Pertamina memberikan manfaat dan dampak positif seluas-luasnya dalam berbagai bidang, termasuk dalam hal ini penanganan kejadian kebakaran. Semoga Kabupaten Cilacap tetap aman dan dijauhkan dari segala bencana," katanya.  

Dalam kesempatan itu, Bupati Tatto menyerahkan piagam penghargaan kepada Pertamina RU IV atas dukungan pembentukan Satkar Taru. Piagam penghargaan tersebut diterima oleh CSR and SMEPP Officer Dian Kuswardani. 

Baca juga: Pertamina pastikan kualitas air dan udara di Cilacap aman pascakebakaran
Baca juga: Warga gelar doa bersama untuk keselamatan Kilang Pertamina Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024