Solo (ANTARA) - Kantor Bea dan Cukai Surakarta menyerahkan bantuan oksigen yang merupakan hibah dari Singapura kepada Pemerintah Kota Surakarta untuk penanganan pasien COVID-19.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Bea dan Cukai Surakarta Aries Baroto di Solo, Senin mengatakan Kantor Bea Cukai melakukan kegiatan pengeluaran barang berupa tabung oksigen sejumlah 200 tabung yang dikirim dari Singapura untuk kepentingan hibah yang diterima oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surakarta.

Ia mengatakan pengeluaran hibah tersebut tercantum di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.02/2021 tentang Pemberian
Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Penanganan COVID-19.

Baca juga: Pengambilan oksigen bantuan Singapura untuk Solo terkendala prosedur

"Berdasarkan peraturan tersebut, tabung oksigen masuk dalam kategori barang pembebasan bea masuk dan PDRI (pajak dalam rangka impor)," katanya.

Terkait hal itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak terkait di antaranya Gapura, Angkasa Pura Logistic, dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta.

"Setelah surat pemberitahuan 'cargo charter flight' diterima oleh pihak Bea Cukai Surakarta pada tanggal 16 Juli 2021 pukul 16.45 WIB, kami langsung melakukan pengawasan pembongkaran atas barang tersebut ketika pesawat tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada hari Sabtu (17/7) pukul 12.50 WIB. Kemudian barang selesai dibongkar dan ditimbun di TPS Bandara Adi Soemarmo pada pukul 14.30 WIB sembari berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surakarta," katanya.

Ia berharap dengan dukungan dan koordinasi dari semua pihak yang berwenang hibah tersebut dapat meringankan beban dari masyarakat yang saat ini sedang menderita COVID-19.

"Kami selalu siap dan berkomitmen penuh untuk mendukung agar proses pengeluaran barang bisa dijalankan secepatnya, tentunya dengan tidak melanggar ketentuan yang berlaku," katanya.

Sementara itu, Kepala DKK Surakarta Siti Wahyuningsih mengapresiasi bantuan tersebut untuk penanganan pasien COVID-19.

"Dengan adanya bantuan tabung oksigen dari Shopee, bagi kami sangat bermanfaat dalam kondisi saat ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait," katanya.

Selanjutnya, dikatakannya, sebanyak 200 tabung oksigen tersebut akan didistribusikan ke 15 rumah sakit yang menangani pasien COVID-19 di Kota Solo.

Baca juga: Tabung oksigen dari Singapura mendarat di Bandara Adi Soemarmo
Baca juga: PLN kembali bantu atasi kekurangan oksigen ke RS di Jateng

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024