Karanganyar, Jateng (ANTARA) - Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsekal Muda TNI Agus Setiawan membuka pendidikan Sekolah Pertama Tamtama (Semata ) Prajurit Karier (PK) TNI Angkatan Udara angkatan ke-81 yang diikuti sebanyak 490 siswa.

Pada acara pembukaan yang dipimpin  Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan selaku inspektur upacara berlangsung di lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo di Karanganyar, Sabtu.

Pada acara pembukaan tersebut juga mengucapkan janji siswa sebelum menempuh pendidikan di kawah cadradimuka TNI AU.

Baca juga: Polda Jateng siapkan pasukan terlatih tangani kejahatan terorganisir

Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Agus Setiawan mengatakan janji siswa yang baru saja diucapkan 490 siswa tersebut bukan hanya sekedar simbol, akan tetapi harus disertai dengan tindakan kesadaran dan ketulusan hati untuk melaksanakan semua yang telah diucapkan secara lantang serta tegas.

Danlanud menekankan kepada para siswa untuk mengikuti dan menaati semua peraturan serta tata tertib yang berlaku di lingkungan lembaga pendidikan, karena konsekuensinya apabila terbukti ada siswa yang melakukan pelanggaran tentu yang bersangkutan akan mendapat sanksi sesuai tingkat kesalahan yang dilakukan.

Danlanud mengatakan dalam kondisi di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, upacara pembukaan pendidikan tetap dilaksanakan secara terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Terkait hal tersebut, kata Danpanud, para siswa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, sehingga proses pendidikan dapat berjalan dengan aman dan lancar sampai dengan penutupan pendidikan nantinya.

Pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-81 tahun ini, diikuti 490 siswa dari ribuan peserta yang mendaftarkan dari seluruh Indonesia. Peserta dari warga sipil tersebut akan menempuh pendidikan selama lima bulan di Kawah Candradimuka Skadik 404 Lanud Adi Soemarmo.

Usai upacara pembukaan, dilanjutkan dengan acara tambahan tradisi pengguntingan rambut dan penyiraman air bunga oleh Danlanud Adi Soemarmo kepada perwakilan siswa.

Baca juga: Taruna Akmil latihan Pramuka Yudha di 3 kabupaten
 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024