Sukoharjo (ANTARA) - Mal The Park yang ada di Solobaru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah menggelar festival panen durian untuk mendongkrak angka kunjungan yang sempat mengalami penurunan selama pandemi COVID-19.

"Acara seperti ini berdampak cukup signifikan pada angka kunjungan," kata perwakilan Public Relations Mal The Park Christina Tri Mawardi di Sukoharjo, Senin.

Ia mengatakan festival durian sendiri sengaja ditempatkan berdekatan dengan lokasi parkir sehingga pengunjung bisa langsung mengetahui adanya acara tersebut. Dengan demikian, diharapkan mereka bisa lebih sering mampir.

Ia mengatakan selama ada pergelaran tersebut jumlah pengunjung di Mal The Park mengalami kenaikan sekitar 20 persen dibandingkan hari normal, terutama pada hari libur.

"Kemarin baru sampai sore jam 15.00 WIB semua durian sudah habis diborong pengunjung," katanya.

Mengenai angka kunjungan selama pandemi sendiri, dikatakannya, untuk hari kerja yaitu Senin-Jumat di kisaran 5.000-6.000/hari, sedangkan di akhir minggu di kisaran 10.000 pengunjung/hari. Ia mengatakan angka ini turun jika dibandingkan dengan sebelum pandemi, yaitu sekitar 10.000/hari normal dan mencapai 15.000/hari pada Sabtu dan Minggu.

Baca juga: Asita mulai simulasikan perjalanan wisata di Solo

Pada kesempatan yang sama, penyelenggara festival panen durian Desi Purwanti mengatakan sama seperti pergelaran sebelumnya, untuk kali ini ia membawa banyak durian berkualitas, baik dengan durian lokal maupun jenis super. Ia mengatakan dalam satu hari bisa menyediakan 600-1.000 biji durian.

"Kebanyakan ambilnya dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kalau Jawa Tengah itu saya mendatangkan dari Wonosobo, biasanya juga dari Ambarawa dan Gunungpati, tetapi tahun ini jumlah panen di dua daerah tersebut kurang bagus," katanya.

Ia mengatakan untuk harga durian pada festival tersebut, mulai dari harga Rp100.000/3 biji durian hingga dijual dengan hitungan kilogram. Ia mengatakan durian dengan kualitas super dijual mulai dari harga Rp40.000/kg.

"Kalau untuk lokal favoritnya memang dari Wonosobo, rasanya tidak hanya manis tetapi juga ada pahitnya," katanya.

Baca juga: Pemkot Surakarta izinkan hotel buka layanan MICE

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024