Semarang (ANTARA) - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan CEO Commercial & Trading Pertamina Mas’ud Khamid menyerahkan secara simbolis bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) di Kota Semarang, Jumat (19/2).

Kunjungan yang didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Regional JBT Sylvia Grace Yuvena tersebut dilakukan di tengah agenda kunjungan kerja di wilayah kerja Pertamina Regional JBT.

Bantuan Program CSR yang diserahkan adalah bagian dari program berkelanjutan bertajuk ‘Masyarakat Sadar Bencana (MasDana)’ kepada Lurah Kemijen, Kecamatan Semarang Timur.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Arya Yusa Dwicandra menjelaskan program tersebut berangkat dari pemasalahan banjir yang kerap terjadi, terlebih beberapa waktu belakangan yang melanda kota Semarang dan sekitarnya.

Baca juga: Pertamina bantu korban banjir di 6 wilayah Jateng

“Pertamina melalui FT Semarang Group merancang sebuah program CSR bersama masyarakat di wilayah terdekat dengan wilayah operasinya untuk membentuk kelompok/forum masyarakat yang sadar dan waspada terhadap setiap ancaman bencana. Kelompok ini pun diberi nama MasDana (Masyarakat Sadar Bencana),” ujar Arya.

Dirinya menerangkan program yang baru  diinisiasi tersebut bernilai Rp140 juta yang berasal dari dana CSR dan berfokus pada peningkatan kemampuan anggota kelompok terkait penanganan kebencanaan, tidak hanya banjir.

“Ke depan, kelompok yang telah terbentuk ini akan turut andil dalam penganganan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI) dan lembaga lainnya,” tambah Arya.

Selain memfasilitasi pelatihan peningkatan kemampuan anggota kelompok, Pertamina turut membantu fasilitas penunjang untuk digunakan kelompok ketika bencana terjadi, diantaranya perahu karet, safety jacket, fasilitas P3K serta fasilitas penunjang lainnya. 

Arya menambahkan Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di samping menjalankan tugas utama sebagai penyedia energi negeri, juga menjalankan peran sebagai agen pembangunan.

"Kami terus bersinergi bersama pemerintah dalam wujud program CSR untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di sekitar, khususnya di wilayah operasi kami,” tutup Arya.

Baca juga: UMP-Pertamina bangun Pertashop melalui program kemitraan
Baca juga: Pertamina Cilacap sumbangkan 25 kantong plasma konvalesen

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024