Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, berhasil menyumbangkan sebanyak 25 kantong darah plasma konvalesen dalam aksi kemanusiaan di masa pandemi COVID-19.

Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan hal itu merupakan bagian dari aksi sosial serentak Pertamina di seluruh Indonesia bertajuk "Plasma Konvalesen dari Pertamina untuk Indonesia" yang rangkaiannya digelar sejak akhir Januari 2021.

“Kami bekerja sama dengan tim PMI Kabupaten Cilacap untuk teknis pelaksanaan donor plasma konvalesen ini," katanya. 

Menurut dia, proses donor plasma konvalesen tersebut diawali dengan beberapa tahapan skrining di gedung Patra Graha RU IV yang dilanjutkan dengan donor plasma di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap.

Ia mengatakan 25 kantong darah plasma konvalesen yang diperoleh dari pekerja dan mitra kerja beserta keluarganya di lingkungan Pertamina RU IV itu terdiri atas lima kantong darah golongan A, sembilan kantong darah golongan B, delapan kantong darah golongan O, dan tiga kantong darah golongan AB.

Lebih lanjut, Hatim mengatakan Pertamina RU IV mengerahkan seluruh kemampuan membantu percepatan penanganan COVID-19 sejak mewabah di Indonesia pada Maret 2020.

Baca juga: Pertamina Cilacap canangkan "Zero Medical Treatment Case" pada tahun 2021

Dalam hal ini, Pertamina aktif melakukan berbagai program sosial, seperti penyerahan bantuan ambulans untuk Pemerintah Kabupaten Cilacap, paket sembako, alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan dan penggali makam, hand sanitizer, dan aktif mengikuti penyemprotan disinfektan massal.

“Termasuk donor plasma konvalesen, semoga benar-benar memberikan manfaat,” katanya.

Kepala UTD PMI Kabupaten Cilacap dr Yuyung Budi Waskito menyambut antusias keterlibatan aktif Pertamina dalam kegiatan sosial tersebut.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pertamina RU IV  atas kepeduliannya. Yang rutin dilakukan adalah donor darah tiga bulanan, dan khusus hari ini donor plasma konvalesen untuk membantu mempercepat kesembuhan penderita COVID-19,” katanya.

Ia mengatakan sejauh ini, hasil dari donor plasma konvalesen terbukti efektif 100 persen mempercepat kesembuhan pasien COVID-19.

“Di Kabupaten Cilacap, sejauh ini kami sudah dapatkan 40 kantong lebih dan seluruhnya efektif membantu mempercepat kesembuhan penderita,” katanya.

Sebagaimana diketahui, plasma konvalesen dari para penyintas COVID-19 terbukti efektif membantu mempercepat kesembuhan pasien yang terpapar virus ini.

Baca juga: Pertamina serahkan ambulans kepada Yayasan Gelora Serayu Banyumas
Baca juga: Pertamina Cilacap turunkan armada penyemprotan disinfektan
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024