Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menurunkan armada pemadam kebakaran dalam kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah kota Cilacap sebagai upaya untuk mendukung percepatan penanganan COVID-19.

Kegiatan yang diinisiasi Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, itu diawali apel bersama penyemprotan disinfektan dikaitkan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di halaman Pendopo Wijayakusuma, Cilacap, Minggu (24/1/2021). 

Apel yang dipimpin oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi Wakil Bupati Syamsul Auliya Rahman, Sekretaris Daerah Farid Ma'ruf, dan pejabat Forkopimda setempat diikuti peserta yang terdiri atas personel Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, dan PMI termasuk tim HSSE Pertamina RU IV. 

Dalam amanatnya, Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penanganan, pencegahan, dan mengantisipasi peningkatan kasus COVID-19 di Kabupaten Cilacap yang saat ini menjadi masalah yang serius. 

"Saya menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan mampu menekan jumlah penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap," katanya. 

Baca juga: Pertamina Cilacap salurkan paket sembako bagi warga terkonfirmasi COVID-19

Menurut dia, pemerintah sedang melakukan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada tanggal 11-25 Januari 2021 di Pulau Jawa dan Bali. 

Namun melihat perkembangan kasus yang terinfeksi COVID-19 terus melonjak, kata dia, pemberlakuan PPKM diperpanjang selama dua pekan mulai tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021. 

"Diharapkan dengan PPKM ini mampu mencegah penyebaran COVID-19 lebih meluas, termasuk di Cilacap," katanya. 

Usai apel dilanjutkan konvoi penyemprotan disinfektan sekaligus sosialisasi masa perpanjangan PPKM, dari bundaran Alun-Alun Cilacap, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan S.Parman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Perintis Kemerdekaan, Tugu Lilin Gumilir, dan kembali ke Alun-Alun Cilacap.

Dalam kesempatan terpisah, Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Hatim Ilwan mengatakan Pertamina memberikan dukungan sepenuhnya pada setiap upaya percepatan penanganan COVID-19. 

"Kami memahami persoalan COVID-19 butuh keterlibatan banyak pihak termasuk BUMN, maka Pertamina selalu berusaha memberikan kontribusi agar pandemi ini segera berlalu," katanya. 

Selama pandemi berlangsung, kata dia, Pertamina juga sudah menyerahkan berbagai bantuan, mulai dari unit mobil ambulans khusus pasien COVID-19, bantuan bahan pokok, paket sembako, alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan maupun penggali kubur, dan lain-lain. 

"Pertamina memiliki tanggung jawab besar menyebarluaskan energi dan kebaikan dalam beragam bentuk, terlebih di masa pandemi. Sejalan dengan semangat Pertamina Energizing You," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap-Perumdam Tirta Wijaya sepakat perbarui kerja sama
Baca juga: Kisah sukses batik Rajasamas binaan Pertamina Cilacap
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024