Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng & DI Yogyakarta mengingatkan kepada seluruh stakeholder mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja karena kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat memengaruhi produktivitas dan penyaluran tenaga listrik.

Hal tersebut disampaikan General Manager PLN UID Jateng dan DIY Feby Joko Priharto pada gelar apel dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, di kantor PLN UP3 Surakarta, Kamis.

Apel yang diikuti 50 personil PLN dengan tetap memperhatikan prokotol kesehatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran semua elemen di lingkungan PLN akan pentingnya aspek K3.

"PLN mengajak seluruh pemangku kepentingan baik mitra, serikat pekerja, pekerja, dan masyarakat untuk terus meningkatkan pengawasan dan kesadaran pentingnya K3," kata Feby.

Baca juga: Banjir di Semarang, 92 persen sistem kelistrikan pulih

Dalam kesempatan tersebut Feby juga memberikan apresiasi kepada pihak yang telah membudayakan K3 dan berharap peringatan tersebut dapat membawa perubahan yang lebih baik pada segi ketenagakerjaan.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan terlibat aktif dalam membudayakan K3. Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara nasional sebagai elemen penting dalam melakukan reformasi ketenagakerjaan," kata Feby.

Pada apel tersebut juga diberikan penghargaan kepada Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang memenangkan lomba dengan tema K3 dan unit yang menerima penghargaan yaitu, UP3 Tegal untuk kategori lomba cerdas cermat, UP3 Purwokerto untuk kategori video terbaik, dan ULP Parakan untuk kategori foto terbaik.

Baca juga: PLN berhasil pulihkan sebagian listrik di Semarang

Di masa pandemi COVID-19, tambah Feby, PLN juga melalukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus melalui program implementasi K3 dan beberapa penyesuaian yang telah dilakukan di lingkungan PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta seperti membudayakan mencuci tangan dan screening suhu tubuh sebelum memasuki gedung.

Selain itu, menggunakan masker bagi seluruh pegawai dan tenaga alih daya, menyediakan hand sanitizer di setiap ruangan, mengimbau agar menggunakan peralatan makan dan peralatan beribadah masing-masing, menerapkan sistem work from home, dan menerapkan physical distancing baik di lift maupun di ruang kerja dan saat ada pegawai/tenaga kerja yang terpapar COVID-19, langsung dilakukan tracing.

Pencegahan COVID-19 di lingkungan kerja tersebut, diharapkan dapat berjalan baik dengan mengimplementasikan K3 yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: PLN sambut positif kerja sama dukung ekosistem kendaraaan listrik

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mugiyanto
Copyright © ANTARA 2024