Semarang (ANTARA) - PLN berhasil memulihkan sebagian aliran listrik masyarakat yang terdampak banjir di Kota Semarang dengan terus mengutamakan keselamatan warga.

"Pada daerah yang masih terendam banjir, PLN terpaksa menghentikan sementara aliran listrik, setelah banjir surut dan dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan," kata Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UID Jateng & DIY) Elly Oktaviani Ciptati.

Elly dalam keterangan persnya di Semarang, Minggu mengatakan PLN berupaya mengutamakan keselamatan warga yang terdampak banjir dengan menghentikan aliran listrik sementara akibat hujan lebat pada Sabtu (6/2) dini hari dan menyebabkan banjir di beberapa titik di Semarang.

Baca juga: Cuaca ekstrem, petugas PLN tetap kerja pulihkan pasokan listrik dari gangguan

Sampai dengan pukul 13.00 WIB, lanjut Elly, PLN telah berhasil memulihkan 64 persen gardu distribusi dan 54 persen pelanggan.

"Sebanyak 692 dari 1.069 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali. Dengan kata lain sebanyak 35.443 dari 64.680 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik," kata Elly.

Elly menambahkan PLN juga terus memantau daerah-daerah yang terdampak agar dapat segera menormalkan kembali pasokan listrik apabila kondisinya telah aman bagi masyarakat.

Berdasarkan pantauan BMKG per tanggal 7 Februari 2021, Kota Semarang masih akan diguyur hujan dengan intensitas ringan sampai sedang.

Untuk Jawa Tengah, diperkirakan terjadi hujan lokal serta hujan dengan intensitas sedang di daerah Pantura, sehingga terus diimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi bencana.

"Kami selalu mengimbau masyarakat agar memperhatikan potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah, mencabut colokan listrik, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. Saat banjir surut, pastikan alat elektronik benar benar kering sebelum dipakai kembali," tutup Elly.

Baca juga: Cuaca ekstrem, PLN berhasil normalkan pasokan listrik di Klaten, Boyolali, dan Kulon Progo
Baca juga: PLN sambut positif kerja sama dukung ekosistem kendaraaan listrik

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024