Banjarnegara (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Banjarnegara, Jawa Tengah, AKBP Fahmi Arifrianto mengajak seluruh warga di wilayah ini untuk konsisten menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami mengajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam rangka menekan risiko penularan COVID-19," katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Kamis.

Kapolres juga menambahkan bahwa pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menyukseskan program vaksinasi yang saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah.

Dia juga menambahkan bahwa Polres Banjarnegara pada saat ini tengah menyiapkan Bhabinkamtibmas dan tenaga kesehatan dari unsur Polri untuk ditugaskan sebagai vaksinator dan penelusur (tracer) COVID-19.

"Vaksinator dan 'tracer' Polri ini disiagakan dalam rangka membantu tugas tenaga kesehatan, khususnya pemberian vaksinasi terhadap anggota Polri maupun masyarakat umum," katanya.

Selain itu, kata dia, perlu juga berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat dalam upaya penelusuran sebagai langkah deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Bupati Banjarnegara: Warga jangan ragu ikut vaksinasi COVID-19

Kapolres berharap keberadaan vaksinator dan "tracer" tersebut dapat mendukung upaya menyukseskan program vaksinasi yang pada saat ini tengah berjalan.
"Tentunya dengan diiringi konsistensi penegakan disiplin protokol kesehatan secara humanis dan tegas," katanya.

Kapolres menekankan bahwa optimisme masyarakat harus terus dijaga dengan keseriusan dan upaya pemerintah dalam melakukan percepatan penanganan pandemi, dengan tetap selaras dengan upaya mewujudkan pemulihan ekonomi.

Dia menambahkan seluruh tenaga vaksinator dan 'tracer' akan diberi pelatihan dan nantinya diharapkan akan menjadi tenaga yang cakap dan juga profesional.

"Tenaga vaksinator dan tracer yang telah diberikan pelatihan saya harap bisa menjadi tenaga yang cakap dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga memperoleh hasil yang juga optimal," katanya.

Selain itu, kata dia, diharapkan dapat membawa kontribusi yang positif bagi penanggulangan pandemi COVID-19 di wilayah Banjarnegara.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024