Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengimbau warga di wilayah setempat untuk tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19 karena bertujuan untuk melindungi masyarakat.

"Jika nanti ada panggilan resmi. Masyarakat tidak perlu khawatir terkait keamanan dan kehalalan dari vaksin Sinovac," kata bupati di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu.

Bupati juga meminta masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat. "Mari ikuti program pemerintah. Vaksin Sinovac ini sudah teruji dan terbukti aman dan halal. Ini juga untuk melindungi masyarakat, tidak perlu mengikuti perdebatan. Pemerintah bertujuan untuk melindungi masyarakat,” katanya.

Dengan mengikuti vaksinasi, kata dia, masyarakat sudah ikut berupaya untuk melindungi diri, keluarga dan juga orang lain di sekitarnya. "Ayo lindungi diri masing-masing, keluarga dan orang lain di sekitar kita," katanya.

Sebelumnya, Bupati Budhi Sarwono bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjarnegara mencanangkan pelaksanaan vaksin COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara. Pencanangan tersebut dipusatkan di RSUD Hj Anna Lasmanah Banjarnegara pada Senin (25/1).

Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr Latifa Hesti mengatakan 6.000 dosis vaksin telah sampai ke Kabupaten Banjarnegara pada Hari Minggu (24/1) dengan pengawalan ketat petugas.

"Pada saat pencanangan ada sembilan pejabat daerah dan kelompok masyarakat serta tokoh yang disuntik vaksin tersebut," katanya.

Pada saat ini, kata dia, pihaknya tengah melaksanakan program vaksinasi bagi 6.000 tenaga kesehatan. "Program vaksinasi ini diharapkan mampu memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kabupaten Banjarnegara," tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Hj Anna Lasmanah, dr Erna Astuti mengucapkan terima kasih karena RSUD telah dipercaya untuk pelaksanaan pencanangan vaksinasi serentak tingkat Kabupaten Banjarnegara.

"Terma kasih, tentunya RSUD selalu berusaha menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan dan sosialisasi vaksin, selain sebagai rujukan bagi perawatan pasien," katanya.

Dia juga mengajak semua pihak untuk ikut serta menyukseskan program vaksinasi di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: Menkes: Vaksinasi harus cepat, diharapkan 12 bulan tuntas
Baca juga: Gubernur Jateng sosialisasikan vaksinasi COVID-19 aman melalui kaus


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024