Semarang (ANTARA) -
Penyedia akses layanan kesehatan terpadu dan terlengkap, Halodoc, membuka layanan lantatur (drive thru) di area parkir PRPP, Kota Semarang, untuk mempermudah masyarakat melakukan tes COVID-19 secara mandiri dan cepat.

Chief Marketing Officer Halodoc Dionisius Nathaniel mengatakan bahwa pembukaan beberapa fasilitas "drive thru" baru di luar kota Jakarta, termasuk di Semarang, merupakan bagian dari komitmen pihaknya untuk membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di Tanah Air, mengingat angka kasus positif yang naik cukup tajam dibanding akhir tahun lalu.

"Dengan semakin banyaknya warga Semarang yang melakukan tes mandiri, maka potensi infeksi COVID-19 dapat terdeteksi lebih dini, sehingga masyarakat dapat segera melakukan intervensi yang diperlukan," katanya.

Fasilitas "drive thru" Halodoc di Semarang yang beroperasi pukul 07.00-15.00 WIB menawarkan berbagai jenis tes COVID-19 mulai dari tes cepat (rapid) antibodi, tes swab antigen hingga tes PCR dengan harga mulai Rp99.000 hingga Rp899.000.

Ia mengungkapkan sebelum resmi membuka fasilitas "drive thru", masyarakat Kota Semarang telah menunjukan animo yang tinggi terhadap layanan tes COVID-19.

Hal itu terlihat dari jumlah pembuatan janji di fasilitas layanan kesehatan melalui Halodoc yang meningkat hingga 300 persen pada akhir Desember 2020 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Untuk warga Semarang, Halodoc memberi potongan harga spesial 10 persen (maksiaml Rp30.000) yang ingin menikmati layanan ini hingga akhir Maret 2021. Berikut adalah cara mudah untuk mengakses layanan buat janji "drive thru" tes COVID-19 di aplikasi Halodoc yakni pilih tes COVID-19, pilih tombol pencarian (ikon kaca pembesar), kemudian ketik PRPP dan pilih "Drive Thru COVID-19 PRPP by Klinik Ultra Medica".

Setelah itu, pilih jenis tes yang diinginkan dan pilih buat janji, pilih jadwal tes yang diinginkan, dan ikuti langkah selanjutnya untuk memilih nama pasien dan juga mengunggah foto atau dokumen kartu identitas diri.

Masukan kode kupon SEMARANGDT yang hanya dapat digunakan satu kali, pilih jenis pembayaran sesuai dengan preferensi, lalu pilih lanjutkan pembayaran hingga selesai dengan menggunakan metode yang telah dipilih.

Setelah itu kunjungi fasilitas kesehatan sesuai dengan jadwal dan bentuk tes yang dipilih, sedangkan hasil akan dikirimkan ke aplikasi Halodoc masing-masing pengguna sesuai dengan waktu tunggu hasil produk yang dipilih.

"Di masa yang penuh ketidakpastian ini, penting bagi kami untuk dapat memberikan akses terhadap layanan kesehatan yang tidak hanya mudah, namun juga aman dan terpercaya," ujarnya.

Menurut dia, warga Semarang dapat dengan praktis membuat janji melalui aplikasi Halodoc untuk kemudian mendapatkan pengalaman tes yang aman dan minim kontak karena lokasi tes berada di luar ruang dan dilakukan dari kendaraan masing-masing.

"Kami berharap dengan pembukaan fasilitas 'drive thru' tes COVID-19 Halodoc ini dapat membantu memudahkan masyarakat dan berkontribusi membantu pemerintah kota Semarang dalam melawan COVID-19," kata Dion.

Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024