Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit IV Cilacap memberikan dukungan dalam pengembangan Kampung KB "Gadis", Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, yang meraih juara pertama tingkat nasional.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan Pertamina RU IV Cilacap kepada pengelola Kampung KB "Gadis", yakni dengan memberikan bantuan berupa mesin pres jamu yang diserahkan oleh General Manager Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto pada hari Jumat (13/11/2020) melalui program "Pertamina Peduli".

Selain itu, Pertamina RU IV Cilacap juga memberikan bantuan berupa 100 paket sembako warga terdampak pandemi COVID-19 dan bantuan gerobak UMKM.

"Ini adalah wujud nyata kontribusi Pertamina sebagai BUMN, tidak hanya menjalankan tugas bisnis energi, namun juga hadir memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial," kata GM Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto.

Menurut dia, Kampung KB "Gadis" adalah akronim dari Guyub, Aman, Damai, Indah, dan Sejahtera yang merupakan wilayah binaan Pertamina RU IV Cilacap. 

"Lokasinya di Kelurahan Tegalreja sebagai wilayah Ring 1 operasional perusahaan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mendorong pengembangan masyarakat sekitar agar taraf hidupnya semakin meningkat. 

Ia meyakini ke depan masih banyak pengembangan program yang bisa dikolaborasikan dengan Pertamina. 

"Pemberdayaan masyarakat adalah kolaborasi, tidak bisa hanya satu sisi. Ini yang terlihat sangat baik di Kelurahan Tegalreja," katanya.

Baca juga: Pertamina Cilacap targetkan uji coba produksi Green Diesel pada akhir November

Koordinator Kampung KB "Gadis" Mukhlasin mengatakan sejumlah program yang sudah bersinergi dengan Pertamina RU IV Cilacap di antaranya optimalisasi taman. 

"Jika sebelumnya taman di bantaran rel kereta api ini hanya taman rekreasi keluarga, kini dilengkapi taman produktif dengan penanaman sayur hidroponik, bantuan dari CSR Pertamina," katanya menjelaskan.

Terkait dengan bantuan berupa mesin pres jamu, dia mengatakan pihaknya akan melakukan pengembangan program dengan menanam tanaman bahan baku jamu di lahan yang masih kosong. 

"Kami juga memperindah gapura masuk Kampung KB, pembersihan saluran irigasi, pemberdayaan kewirausahaan, pendirian Yayasan Qoriyah Thoyyibah, dan program bank sampah yang masih berlanjut," katanya.

Lurah Tegalreja Rokhmatdi mengapresiasi kepedulian Pertamina yang rutin diberikan kepada Kampung KB "Gadis". 

"Atas nama pemerintah dan warga Kelurahan Tegalreja, kami sangat berterima kasih kepada Pertamina yang telah memberikan bantuan baik berupa barang maupun kegiatan pemberdayaan melalui CSR," katanya.

Dalam kesempatan itu GM Joko Pranoto didampingi SMOM Didik Subagyo dan tim manajemen beserta pengurus Kampung KB "Gadis", Lurah Tegalreja, dan Babinsa setempat meninjau kebun hidroponik serta melakukan panen sayur pokcay dan selada. 

Baca juga: Smart Trainer, sensasi baru bersepeda dalam ruangan milik Bapor Sepeda Pertamina Cilacap
Baca juga: Dukung kegiatan Hari Armada 2020, Pertamina serahkan 600 paket sembako

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024