Semarang (ANTARA) - PLN Peduli kembali hadir dengan memberikan bantuan berupa 32 jamban untuk warga Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakakarta.

Bantuan senilai Rp65 juta tersebut bagian dari rangka percepatan pencapaian ODF (Open Defection Free) atau SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan), sedangkan penyerahan simbolis dilaksanakan di Gedung Bina Praja, Kompleks Perkantoran Pemerintahan Daerah Kabupaten Demak.

Hadir pada acara ini, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Feby Joko Priharto beserta jajaran, Bupati Demak Natsir, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Demak Ahmad Samsuri, Dandim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jateng Guvrin Heru Putranto.

Feby Joko Priharto menyampaikan melalui CSR PLN Peduli, PLN berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam bidang kesehatan salah satunya diwujudkan dengan pemberian bantuan pembangunan jamban.

Baca juga: PLN Peduli salurkan 500 paket sembako ke masyarakat terdampak COVID-19 di Purworejo

Feby berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan.

“Bantuan pembangunan jamban ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan MCK, dengan begitu akan berdampak bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Natsir menyambut baik bantuan CSR yang diberikan oleh PLN karena sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Demak.

“Salah satu indikator program Indonesia sehat adalah setiap keluarga harus memiliki jamban dan akses sanitasinya, ini sangat penting mengingat pembuangan tinja sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Untuk itu dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keberadaan jamban,” katanya.

Selain penyerahan CSR, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan dari YBM PLN.

Bantuan yang diberikan YBM PLN berupa perbaikan lima rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Mranggen, Kecamatan Sayung, dan Kecamatan Demak dengan total nilai Rp75 juta. Bantuan tersebut disalurkan melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah dan Kodim 0716/Demak.

Baca juga: PLN Peduli sinergi dengan Polda DIY atasi dampak COVID-19
Baca juga: Objek Wisata Lolong binaan PLN Peduli tuan rumah Festival Durian


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024